-->

Kode BTU Nameplate AC

 

Besarnya efek pendinginan unit AC menggunakan satuan BTU/h (British Thermal Unit per Hour). Besarnya nilai BTU dapat dilihat dari keterangan yang ada pada unit AC itu sendiri atau pada kotak pembungkus pada saat membeli unit AC baru. Tetapi tidak semua pembuat/pabrik AC memberi keterangan besarnya BTU pada unit tersebut. Sebagai gantinya, pabrik tersebut membuat kode sebagai keterangan besarnya BTU. Beberapa pabrik tersebut antara lain:

AC Panasonic

Pada unit AC dengan merk Panasonic tidak terdapat keterangan besarnya BTU pada unitnya. Pabrik Panasonic menggunakan kode untuk menggantinya. Perhatikan gambar di bawah. 

Kode BTU AC untuk mengetahui kapasitas pendinginan

Pada gambar di atas diperlihatan nameplate dari unit AC Panasonic, perhatikan angka yang ditunjuk oleh tanda panah di dalam lingkaran. Terdapat angka 9 (CU-PS9NKP) yang berarti unit AC tersebut memiliki kapasitas pendinginan sebesar 9.000 BTU/h. Setelah besar BTU diketahui, kemudian lihat Berapa PK AC tersebut. Angka itu bisa berbeda tergantung dari besar kecilnya kapasitas pendinginan AC. Berikut contohnya.

CU-PS5NKP berarti kapasitas pendinginannya sebesar 5.000 BTU/h.

CU-PS7NKP berarti kapasitas pendinginannya sebesar 7.000 BTU/h.

CU-PS12NKP berarti kapasitas pendinginannya sebesar 12.000 BTU/h.

AC Sharp

Perhatikan nameplate dari unit AC merk Sharp berikut. 

Kode BTU AC untuk mengetahui kapasitas pendinginan

Pada gambar di atas diperlihatan nameplate dari unit AC Sharp, perhatikan angka yang ditunjuk oleh tanda panah di dalam lingkaran. Terdapat angka 5 (AU-X5NSY) yang berarti unit AC tersebut memiliki kapasitas pendinginan sebesar 5.000 BTU/h. Setelah besar BTU diketahui, kemudian lihat BerapaPK AC tersebut. Angka itu bisa berbeda tergantung dari besar kecilnya kapasitas pendinginan AC. Berikut contohnya.

AU-X7NSY berarti kapasitas pendinginannya sebesar 7.000 BTU/h.

AU-X9NSY berarti kapasitas pendinginannya sebesar 9.000 BTU/h.

AU-X12NSY berarti kapasitas pendinginannya sebesar 12.000 BTU/h.

AC Mitsubishi

Perhatikan nameplate dari unit AC merk Mitsubishi berikut. 

Kode BTU AC untuk mengetahui kapasitas pendinginan

Pada gambar di atas diperlihatan nameplate dari unit AC Mitsubishi, perhatikan angka yang ditunjuk oleh tanda panah di dalam lingkaran. Terdapat angka 10 (MU-C5VC) yang berarti unit AC tersebut memiliki kapasitas pendinginan sebesar 10.000 BTU/h. Setelah besar BTU diketahui, kemudian lihat Berapa PK AC tersebut. Angka itu bisa berbeda tergantung dari besar kecilnya kapasitas pendinginan AC.

AC Polytron

Perhatikan nameplate dari unit AC merk Polytron berikut. 

Kode BTU AC untuk mengetahui kapasitas pendinginan

Pada gambar di atas diperlihatan nameplate dari unit AC Polytron, perhatikan angka yang ditunjuk oleh tanda panah di dalam lingkaran. Terdapat angka 05 (PAC-05VX) yang berarti unit AC tersebut memiliki kapasitas pendinginan sebesar 5.000 BTU/h. Setelah besar BTU diketahui, kemudian lihat berapa PK AC tersebut. Angka itu bisa berbeda tergantung dari besar kecilnya kapasitas pendinginan AC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel