-->

PK AC Menentukan Kapasitas BTU

Dalam bidang pendingin terutama pada unit AC, kita pasti sering mendengar tentang PK AC. Apakah yang dimaksud dengan PK AC tersebut? Mari kita bahas.

Apa itu PK pada AC?

PK singkatan dari Paard Kracht atau juga disebut dengan HP (Horse Power) yang di dalam bahasa Indonesia menjadi DK atau Daya Kuda. Ukuran PK pada suatu unit AC adalah daya yang dibutuhkan  unit AC untuk beroperasi. Pada saat membeli unit AC pasti akan ditanyakan berapa PK AC yang diinginkan. Ini bergantung kepada luas ruangan yang akan dipasang AC. Semakin besar rungan, maka semakin besar PK yang dibutuhkan.

Komponen unit AC yang paling membutuhkan daya paling besar adalah kompresor. Kompresor inilah yang menentukan besar kecilnya PK dari unit AC yang digunakan. Semakin besar PK berarti semakin besar kompresor yang digunakan dan daya untuk mendinginkan juga akan semakin besar. Teknologi kompresor yang digunakan pada saat ini dengan daya 1 PK dapat menghasilkan efek pendinginan sekitar 9.000 BTU/h.

Jika dilihat pada box unit AC, tidak akan ada keterangan tentang PK tetapi besar BTU/h (British Termal Unit per Hour) yang tertera pada papan nama (nameplate). PK sebenarnya memang tidak digunakan untuk perhitungan dalam menentukan kapasitas pendinginan suatu unit AC. Tetapi di Indonesia sudah terlanjur menggunakan istilah PK untuk menentukan besar kecilnya kapasitas pendinginan suatu unit AC. Satuan yang Berikut tabel ukuran PK unit AC dengan besar BTU/h. 

PK AC cara mencari besar BTU

Menentukan PK Unit AC

Jika ingin mengguakan sebuah AC untuk mendinginkan ruangan, maka harus memperhitungkan besar kecilnya PK dan juga luas ruangan yang akan didinginkan. Menggunakan unit AC dengan PK yang terlalu kecil akan menyebabkan suhu ruangan tidak dapat dingin, sebaliknya jika unit AC dengan PK yang terlalu besar, akan menyebabkan konsumsi listrik yang besar juga. Untuk menentukan berapa PK unit AC yang digunakan, berikut rumus yang digunakan. 

PK AC cara mencari besar BTU

Untuk Faktor Pengali bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan. Nilainya sebagai berikut:

500 : untuk kamar tidur atau ruangan dengan jumlah orang sedikit.

600 : untuk daerah yang mempunyai temperatur udara cukup tinggi.

700 : untuk ruangan dengan jumlah orang banyak seperti tempat pertemuan.

Contoh Perhitungan

Seumpama ingin memasang unit AC pada tempat tidur dengan ukuran 4 x 5 meter, perhitungannya sebagai berikut: 

PK AC cara mencari besar BTU

Dalam perhitungan didapat hasil 10.000 BTU, kemudian bandingkan dengan tabel yang pertama. Yang mendekati nilai 10.000 BTU adalah 9.000 BTU dan 12.000 BTU. Dari nilai tersebut bisa menggunakan unit AC dengan daya kompresor 1 PK dengan konsekuensi proses pendinginan agak lama tetapi listrik lebih ringan. Jika menggunakan unit AC dengan daya kompresor 1,5 PK, proses pendinginan akan berlangsung lebih cepat tetapi harus menyediakan listrik yang besar.

Dengan perhitungan tersebut, kita bisa menyesuaikan dengan kondisi kita sendiri dilihat dari segi finansial, daya listrik rumah, dan kebutuhan dinginnya ruangan. Jika besarnya BTU unit AC tidak tertera pada nameplate, maka sebagai gantinya terdapat Kode BTU untuk Unit AC tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel