-->

Push Button Momentary dan Alternate; kerja, operasi

 

Push Button (PB) / Saklar Tombol Tekan merupakan komponen kelistrikan/elektronika yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan suatu rangkaian yang dialiri oleh arus listrik dengan sistem kerja tekan. Push Button banyak dijumpai pada rangkaian kontrol, karena komponen ini merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu sistem kontrol.

Push Button Momentary dan Alternate; kerja, operasi

Pada kesempatan ini akan membahas tentang perbedaan kerja Push Button jenis momentary dan jenis alternate. Apa saja perbedaan yang ada pada kedua jenis Push Button tersebut? Mari kita bahas bersama.

1. Push Button Momentary

Kata momentary bisa diartikan dengan sesaat. Jadi Push Button yang beroperasi secara momentary bisa diartikan bahwa Push Button tersebut bekerja hanya sesaat saja.

Push Button Momentary dan Alternate; kerja, operasi

Push Button NO(Normally Open).

Metode operasi momentary pada jenis Push Button NO yaitu pada saat tidak ditekan, kondisi sakelar pada keadaan OFF. Pada saat Push Button  ditekan, maka kontak akan terhubung dan saklar pada keadaan ON. Lamanya keadaan ON pada saklar tersebut hanya selama Push Button  ditekan. Jika Push Button dilepas, maka kondisi sakalar akan kembali lagi pada keadaan OFF.

Push Button NC(Normally Closed).

Metode operasi momentary pada jenis Push Button NC yaitu berkebalikan dengan Push Button NO. Pada saat tidak ditekan, kondisi sakelar pada keadaan ON. Pada saat Push Button  ditekan, maka kontak akan terlepas dan saklar pada keadaan OFF. Lamanya keadaan OFF pada saklar tersebut hanya selama Push Button  ditekan. Jika Push Button dilepas, maka kondisi sakalar akan kembali lagi pada keadaan ON.

Push Button dengan mode operasi momentary ini banyak digunakan pada kegiatan kontrol dengan pengaturan waktu dilakukan oleh manusia. Contohnya yaitu pada bel listrik. Lama waktu bel berbunyi akan ditentukan oleh lama waktu menekan Push Button tersebut. Penggunaan lainnya pada mesin derek untuk mengangkat barang. Lama waktu mesin derek bekerja ditentukan oleh lama waktu saklar ditekan. Dengan demikian, posisi barang dapat ditentukan oleh operator mesin tersebut.

2. Push Button Alternate

Kata Alternate dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan bergantian atau tidak tetap. Sebuah Push Button yang bekerja secara alternate artinya bahwa kondisi sakelar/kontak akan berubah pada saat Push Button ditekan dan akan tetap seperti itu walaupun Push Button sudah dilepas.

Push Button Momentary dan Alternate; kerja, operasi

Perhatikan gambar. Keadaan awal Push Button pada keadaan OFF, setelah ditekan maka akan terjadi perubahan kondisi saklar menjadi ON. Keadaan ON ini akan tetap walaupun Push Button sudah dilepaskan.

Untuk merubah Push Button menjadi OFF, maka Push Button harus ditekan kembali. Kondisi Push Button akan tetap OFF walaupun Push Button sudah dilepaskan. Metode operasi Push Button seperti ini disebut dengan self holding atau ada juga yang menyebutnya sebagai tipe Push On dan Push Off.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel