-->

Adapter Tabung R134a

Pengisian refrigerant/freon pada unit lemari es atau juga pada AC mobil menggunakan refrigerant jenis R134a. Untuk tabung R134a tipe lama, konektor mempunyai ulir yang sama dengan manifold/analizer. Tetapi untuk tabung R134a yang baru, ulir pada tabung akan berbeda dengan ulir pada manifold/analizer yang digunakan untuk R22/R32. Perhatikan gambar di bawah. 

Jika dilihat sekilas, mungkin tidak nampak perbedaan ulir pada tabung R134a, R22, dan R32. Tetapi jika dilihat dengan teliti, terdapat perbedaan antara ulir pada R134a. Pada tabung R134a, bentuk ulir lebih kasar/besar, sedangkan ulir pada tabung R22 sama dengan R32 bentuknya ulirnya lebih halus/rapat.

Agar dapat menggunakan manifold R22/R32 yang akan disambungkan dengan tabung R134a, kita harus menambahkan sebuah adapter/konektor/nepple. Bentuk adapter yang digunakan dapat dilihat pada gambar di bawah.

 

Ø Uilr Dalam yaitu ulir yang dihubungkan dengan tabung R134a.

Ø Seal Karet berguna agar hubungan antara adapter dengan tabung tidak bocor.

Ø Ulir Luar yaitu ulir yang dihubungkan dengan manifold/analizer R22 atau R32.

Pemasangan adapter ini sangatlah mudah, tinggal konektor tabung R134a ke adapter kemudian putar ke arah kanan (searah jarum jam). Jika putaran dengan tangan sudah terasa keras, gunakan kunci yang sesuai untuk mengeraskan lagi agar tidak bocor.

Perhatikan pada saat pemasangan adapter, pada saat memutar adapter pastikan agar ulirnya sudah tepat. Tepat tidaknya ulir bisa dilihat pada saat memutar menggunakan tangan, jika masukknya sudah banyak berarti sudah tepat. Tetapi jika masukkan baru sedikit tetapi sudah susah diputar lagi, kemungkinan ulirnya tidak tepat. Jika ulir tidak tepat, bisa mengakibatkan ulir menjadi rusak. Jika ulir adapter yang rusak, kita bisa dengan mudah menggantinya. Tetapi jika ulir konektor R134a yang rusak, bisa jadi tabung R134a sudah tidak bisa dipakai lagi.

Cara memasang konektor manifold ke tabung refrigerant bisa dibaca pada Cara Kencangkan Konektor Manifold.

Setelah pemasangan adapter, ulir pada tabung R134a akan tampak lebih panjang seperti pada gambar di bawah. 

Dengan cara yang sederhana ini, tabung R134a sudah bisa digunakan untuk manifold/analizer R22 ataupun R32.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel