-->

Cara Menentukan Cut-On dan Cut-Off Thermostat

Kompresor kulkas ataupun AC hidup dan mati secara otomatis sesuai dengan setting suhu yang ditetapkan. Hidup dan matinya kompresor ini dikendalikan oleh pengatur temperatur atau disebut dengan thermostat. Pada unit AC, thermostat yang digunakan merupakan jenis thermostat elektrik. Sedangkan pada kulkas pada umumnya masih menggunakan thermostat mekanis.

Dalam pengaturan thermostat terdapat istilah cut-on dan cut-off. Cut-on adalah istilah yang digunakan pada keadaan kontak themostat terhubung sehingga kompresor akan hidup. Sedangkan cut-off adalah suatu keadaan kontak thermostat dalam keadaan terbuka sehingga kompresor akan mati. Dalam menentukan cut-on dan cut off harus menggunakan beberapa parameter yang digunakan dalam perhitungan.

Penentuan cut-on dan cut-off

Jika sebuah thermostat mempunyai differensial 6K dan setting suhu thermostat adalah 3oC, maka dapat ditentukan:

Dari perhitungan di atas, maka kompresor akan hidup pada suhu 6oC (cut-on) hingga suhu udara mencapai 0oC (cut-off). Pada suhu 0oC kompresor akan berhenti bekerja. Karena kompresor berhenti, maka suhu berangsur naik hingga mencapai suhu 6oC dan kompresor akan bekerja kembali. Siklus tersebut akan berulang terus-menerus.

Contoh Soal 1

Berapakah suhu cut-on dan cut-off dari thermostat yang mempunyai differansial 7K dan disetting pada suhu 3oC.

Perhitungan:

Dari contoh soal 1 didapat nilai cut-on (kompresor hidup) pada suhu 6,5oC dan cut-off (kompresor mati) pada suhu -0,5oC.

Contoh Soal 2

Sebuah Cold Storage yang digunakan untuk menyimpan udang disetting pada suhu -20oC. Pada suhu berapakah kompresor hidup dan mati jika differensial sebesar 3K.

Perhitungan:

Dari contoh soal 2 didapat nilai cut-on (kompresor hidup) pada suhu -18,5oC dan cut-off (kompresor mati) pada suhu -21,5oC.

Contoh Soal 3

Sebuah kulkas yang digunakan untuk menyimpan sayuran dikontrol dengan menggunakan thermostat dengan nilai differensial 4K. Pada saat suhu kabinet kulkas 4oC kompresor kulkas tersebut mati. Berapakah nilai setting suhu pada thermostat tersebut.

Perhitungan:

Dari contoh soal 3 didapat nilai setting suhu kulkas pada 6oC.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel