-->

Solar Panel Dalam Bidang Perikanan

 

Peternakan udang merupakan suatu ekosistem di perairan buatan maupun alam tertutup yang membutuhkan perlakuan khusus dalam teknik budidaya sehingga dapat merangsang proses fisika, kimia, dan biologi agar ekosistem perairan menjadi seimbang. Ekosistem kolam tambak yang seimbang dengan habitat asli udang, diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi udang seperti pada ekosistem alami.

Udang sangat memerlukan kandungan oksigen yang cukup tinggi pada media air untuk hidupnya. Dengan demikian perlu ditambahkan kincir air pada kolam tambak. Fungsi kincir air  adalah untuk menciptakan aerasi, yaitu suatu proses peningkatan kandungan oksigen di lingkungan air, dengan tujuan membuat organisme hidup di dalam kolam tambak tumbuh lebih sehat dan cepat.

Penggunaan solar panel pada kolam tambak

Untuk memutar kincir dibutuhkan tenaga listrik yang bekerja dengan 24 jam, maka pada sistem ini menggunakan tenaga listrik dari solar panel dengan UPS (Uninterruptible Power Supply) dari baterai. Jika malam hari kincir akan menggunakan sumber tegangan dari baterai.

Dengan menggunakan teknologi solar panel, para peternak ikan/udang tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar listrik PLN.

Dengan perhitungan kasar, kita asumsikan biaya bulanan listril PLN 250.000, maka dalam 1 tahun dengan menggunakan solar panel bisa menghemat biaya 12x250.000 = 3.000.000

Sistem Hybrid Solar Panel dengan PLN

Sistem hibryd solar panel dengan listrik PLN pada kolam tambak

Sistem hybrid disini adalah menggunakan perpaduan antara Tenaga Matahari, PLN, dan Baterai. Saat siang akan menggunakan Solar Panel, jika sudah malam menggunakan PLN, jika PLN mati saat malam hari maka baterai akan backup, sehingga pompa tetap menyala.

Solar Panel Dalam IOT Perikanan

Perangkat IOT perikanan disini berfungsi untuk mendeteksi pH, suhu, DO, pada air di kolam ikan, dengan menggunakan koneksi internet, maka data sensor dikirim ke cloud server untuk di tampilkan di website.

Penggunaan IoT pada bidang perikanan

Mesin pakan ikan otomatis, berfungsi untuk memberikan pakan ikan secara berkala dengan otomatis. Dalam mesin pakan ini terdapat motor listrik sebagai pelontar pakan, sensor pakan, controller/wifi, dan semua perangkat ini menggunakan tenaga solar panel.

Solar Panel Dalam MASS

Maritime Autonomous Surface Ship (MASS) adalah sebutan bagi kapal yang berlayar di permukaan air tanpa awak. Fungsi kapal ini adalah sebagai peralatan pemantau situasi menggunakan CCTV, kamera pemindai panas, dan sistem identifikasi keberadaan kapal-kapal lain di sekitarnya, dan juga untuk membantu kecelakaan di perairan.

Penggunaan solar panel pada MASS (kapal tanpa awak)

Karena beroperasi jauh di tengah laut, MASS harus membutuhkan solar panel untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Solar Panel Dalam Bidang Nelayan dan Pemancing

Mengunakan alat ini membantu para nelayan dan para pemancing untuk mendeteksi keberadaan ikan (radar) dan menghasilkan tanda cahaya, suara, atau benda bergerak agar ikan mendekat sehingga membentuk gerombolan sehingga mudah di tangkap.

Penggunaan solar panel sangat membantu dalam proses penangkapan atau pemancingan ikan. Solar panel tidak mengeluarkan suara sama sekali sehingga tidak mengganggu ikan yang ada di dekat perahu.

Baca juga:

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan Panel Surya (PLTS)

Perbedaan Panel Surya Mono dan Poly


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel