-->

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan Panel Surya PLTS

 

Membuat suatu sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk kebutuhan rumah tangga memerlukan perhitungan yang tepat. Hal ini sangat berhubungan dengan beban listrik yang ada pada suatu rumah. Mari kita mencoba untuk menghitung kebutuhan panel surya dalam sebuah rumah yang rencananya digunakan untuk penerangan saja. Sedangkan untuk beban lainnya seperti TV, kulkas, pompa air, masih menggunakan daya dari PLN.

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

1. Beban Listrik Dalam Satu Hari

Beban listrik dalam satu hari dihutung pada setiap peralatan listrik yang ada dirumah. Sebagai contoh perhitungan sebagai berikut:

Lampu sebanyak 15 buah yang terdiri dari 10 buah lampu 10 watt menyala selama 12 jam dan 5 buah lampu 7 watt menyala selama 5 jam dengan perhitungan sebagai berikut:

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

Sehingga total daya yang digunakan untuk menyalakan lampu adalah 1200 + 245 = 1445 watt jam.

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

2. Aki Yang Dibutuhkan

Aki dalam sebuah sistem PLTS berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya agar bisa digunakan pada malam hari. Berikut cara perhitungan jumlah aki yang dibutuhkan. 

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

Agar aki mempunyai umur pakai yang panjang, hanya 50% kapasitas aki yang diperbolehkan untuk dipergunakan. Sehingga harus membutuhkan aki sebanyak dua kali lipat yaitu 1,2 x 2 = 2,4 dan dibulatkan ke atas menjadi 3 buah aki dengan spesifikasi 12 V 100Ah.

Perhitungan yang dilakukan ini hanya digunakan pada saat cuaca normal, yaitu pada saat matahari bersinar setiap hari. Jika kondisi cuaca berubah menjadi ekstrim, misalkan mendung hingga 2 hari, maka jumlah aki harus lebih banyak lagi.

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

3. Panel Surya Yang Dibutuhkan

Di wilayah Indonesia secara rata-rata, matahari dapat bersinar dengan terang selama 5 jam setiap hari dari pukul 09.00 hingga 14.00. Dengan acuan tersebut, dapat dihitung kebutuhan panel surya yang menggunakan panel surya dengan spesifikasi 100 WP.

Cara Menghitung Kebutuhan Aki dan panel PLTS

Kebutuhan panel surya dari perhitungan yang didapat yaitu 2,89 dan dibulatkan ke atas menjadi 3 buah panel surya.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan jika ingin menggunakan PLTS untuk kebutuhan penerangan lampu membutuhkan aki sebanyak 3 buah dengan spesifikasi 12V 100Ah. Sedangkan panel surya yang dibutuhkan sebanyak 3 buah panel surya dengan spesifikasi 100WP.

Panel surya terdapat dua jenis yaitu Panel Surya Mono dan Poly dan digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah Penggunaan Panel Surya Dalam Bidang Perikanan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel