-->

Cara Mengetahui Suhu Refrigerant Dengan Manifold Gauge

Manifold gauge disebut: System analizer, Charging and testing unit, Test gauge set, Gauge manifold atau Manifold saja . Manifold gauge adalah sebuah perangkat yang wajib dimiliki oleh teknisi perbaikan kulkas dan AC, alat ini sangat besar fungsinya ketika perbaikan melibatkan media pendingin yaitu freon pada kulkas atau refrigerant pada AC. Selain untuk mengosongkan/mengisi refrigerant juga sebagai alat untuk mengidentifikasi gangguan pada sistem pendingin. Manifold didesain dengan kontruksi standard sehingga mudah dipahami cara pemakaiannya oleh siapa saja di seluruh dunia. bukan hanya warnanya yang standard, melainkan juga type fitting-fitting yang diperlukan dalam penyambungan nozzlenya dibuat standar.

Dengan menggunakan manifold gauge, kita dapat mengetahui seberapa besar tekanan suatu sistem pendingin pada saat beroperasi. Dari tekanan yang didapat kita juga dapat menganalisa apakah sistem tersebut bekerja dengan normal atau terdapat kendala. Oleh karena itu, manifold gauge merupakan alat yang sangat penting dan wajib dimiliki bagi siapa saja yang berkecimpung di bidang pendingin.

Cara Mengetahui Suhu Refrigerant Menggunakan Manifold Gauge

Umumnya meter untuk mesin pendingin diberi satuan tekanan dalam psig dan vakum dalam inch Hg. Suhu penguapan bahan pendingin dalam Fahrenheit. Kita harus membiasakan diri memakai satuan-satuan tersebut dalam psig (pound per square inch gauge), inch Hg vakum, Fahrenheit, dan lain-lain.

Fungsi manifold gauge/analizer dapat digunakan mengukur suhu refrigerant

Pada gambar di atas diperlihatkan beberapa satuan yang digunakan untuk pengukuran pada sebuah unit manifold gauge. Satuan Kg/cm2 digunakan untuk mengukur tekanan terdapat pada sisi paling luar. Satuan Psi (pounds per sequare inch) digunakan untuk mengukur tekanan terdapat pada sisi sebelah dalam satuan Psi. Satuan temperatur digunakan untuk mengetahui suhu refrigerant pada sistem pendingin. Setiap jenis refrigerant mempunyai skala sendiri-sendiri.  Satuan vakum digunakan untuk mengetahui tingkat kevakuman terdapat pada sisi luar sama dengan satuan Psi tetapi dengan nilai di bawah nol dengan satuan InHg dan mmHg.

Selain fungsinya seperti dijelaskan di atas yaitu sebagai alat bantu pada saat proses perbaikan, vakum, pengisian refrigerant baik itu pada kulkas dan juga AC. Fungsi lain dari manifold gauge yaitu dapat digunakan untuk mengetahui suhu refrigerant yang mengalir pada sistem. Hampir semua merk manifold gauge analog yang terdapat di pasaran memiliki rentang suhu pada papan bacanya.

Untuk menggunakan manifold gauge sebagai pengukur suhu refrigerant yaitu dengan membaca pada papan. Suhu refrigerant berbanding lurus dengan tekanan refrigerant, yaitu semakin tinggi tekanan maka suhu juga semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah tekanan refrigerant maka suhunya juga akan semakin rendah. Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar di bawah untuk pengukuran pada R22.

Fungsi manifold gauge/analizer dapat digunakan mengukur suhu refrigerant

Berdasarkan gambar di atas, suhu R22 pada tekanan 49 Psi adalah 25oC.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel