-->

Bagian dan Cara Menggunakan Tube Cutter

Bagian dan Cara Menggunakan Tube Cutter; Tube Cutter merupakan salah satu peralatan yang harus ada pada pekerjaan pemipaan sistem pendingin. Sesuai namanya, tube cutter berfungsi untuk memotong pipa, khususnya pipa tembaga yang biasa digunakan pada sistem pendingin. Bentuk dan ukuran tube cutter bermacam-macam. Berikut beberapa bentuk dari tube cutter.

Cara Menggunakan Tube Cutter

Cara Menggunakan Tube Cutter

Cara Menggunakan Tube Cutter

Pemotong pipa mempunyai sebuah pisau yang bulat dan tajam. Pisau tersebut dapat berputar pada porosnya. Pada sisi yang lain dilengkapi dengan dua buah roller untuk menahan/memegang pipa yang akan dipotong. Roller tersebut dapat ikut berputar, sehingga memudahkan pekerjaan memotong pipa.

Roller pada pemotong pipa ada yang diberi alur. Ujung pipa yang telah dikembangkan (flare) dapat masuk ke dalam alur tersebut. Pisau pemotong dapat tepat memotong pipa dibelakang yang dikembangkan. Jadi tidak ada pipa yang terbuang, hanya sebagian yang telah dikembangkan saja.

Cara Menggunakan Tube Cutter

Pemotong pipa yang dilengkapi dengan pisau reamer dan kikir dapat dipakai setiap saat setelah pipa dipotong. Pemotong pipa harus disimpan dengan baik. Harus dijaga jangan sampai jatuh atau dilemparkan begitu saja, pisaunya dapat patah. Pisau yang patah sebagian tidak dapat memotong lagi dengan baik, kadang-kadang bahkan membuat ulir pada pipa.

Cara Menggunakan Tube Cutter

Cara menggunakan tube cutter

1.    Putarlah knob hingga jarak pipa dapat masuk diantara roller dengan pisau pemotong.

2.    Masukkan pipa dan tempelkan diantara dua roller

3.    Putar knob hingga sedikit menekan pipa. Jangan sampai terlalu menekan.

4.    Tahan pipa kemudian putar cutter tube hingga dua putaran.

5.    Putar kembali knob hingga sedikit menekan pipa kemudian putar lagi tube cutter.

6.    Lakukan berulang hingga pipa terpotong.

Jika sewaktu memutar knop terlalu menekan pipa, maka hasil potongan pipa akan melengkung ke dalam. Oleh karena itu, memutar knop jangan terlalu banyak putarannya. Lengkungan pada ujung pipa dapat dihilangkan dengan menggunakan reamer. Jadi pekerjaan memotong pipa akan menjadi satu paket dengan reamer pipa. Setelah pipa terpotong maka harus di reamer.

Cara Menggunakan Tube Cutter

Lengkungan yang ada di bagian dalam pipa pada saat proses pemotongan dapat menyebabkan luka pada flaring tool ataupun swagging tool.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel