-->

Kekurangan Kelebihan Jenis Fungsi Pipa Tembaga

Bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara merupakan suatu bidang pekerjaan yang tidak akan terlepas dari penanganan pipa. Pipa yang digunakan dalam sistem pendingin yang paling umum adalah pipa tembaga. Penggunaan pipa tembaga dalam instalasi pemipaan refrigerant sangat tepat digunakan karena pipa tembaga mempunyai beberapa kelebihan.

Fungsi Pipa Tembaga

Penggunaan pipa tembaga sangat luas untuk bahan bangunan ataupun untuk kegunaan lainnya. Pipa tembaga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Penggunaan pipa tembaga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pipa tembaga banyak digunakan untuk instalsi kulkas, AC, saluran air dingin ataupun air panas, saluran gas, saluran udara, ataupun saluran oksigen.

Kekurangan Kelebihan Jenis Fungsi Pipa Tembaga

Jenis Pipa Tembaga

Berdasarkan ketebalannya, pipa tembaga dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

1. Pipa Tembaga Tipe K

Pipa tembaga tipe K adalah pipa tembaga yang memiliki ketebalan paling tinggi, oleh karena itu pipa tembaga tipe K ini mempunyai umur pakai yang paling lama. Pipa tembaga dengan diameter ½ inch memiliki ketebalan 0,049 inch, sedangkan pipa tembaga dengan diameter ¾ inch memiliki ketebalan 0,065 inch. Karena ketebalannya, pipa tembaga tipe K merupakan pipa tembaga dengan harga paling mahal. Pipa tembaga tipe K ini banyak dipakai pada bidang komersial,HVZC, atau bidang lainnya yang menggunakan tekanan tinggi.

2. Pipa Tembaga Tipe L

Pipa tembaga tipe L mempunyai ketebalan di bawah tipe K. Walupun demikian, pipa tembaga tipe L masih cukup tahan lama pada banyak instalasi. Pipa tembaga tipe L dengan diameter ¾ inch mempunyai ketebalan 0,045 inch. Pipa tembaga tipe L ini banyak digunakan pada instalasi pemipaan saluran air atau saluran lainnya dengan tekanan yang tidak terlalau tinggi.

3. Pipa Tembaga Tipe M

Pipa tembaga tipe M merupakan pipa tembaga dengan ketebalan paling kecil (tipis). Pada pipa tembaga tipe M dengan dimater ¾ inch memiliki ketebalan 0,032 inch. Kelebihan yang dimiliki pipa tipe M ini adalah harganya yang murah dan sangat ringan.

Kelebihan Pipa Tembaga

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki pipa tembaga antara lain:

-       Fleksibel

Pipa tembaga merupakan pipa dengan tingkat fleksibel relatif tinggi sehingga proses pengerjaan/pembengkokan pipa menjadi lebih mudah. Pipa tembaga mudah dibentuk sehingga dapat mengikuti bentuk bahan tempat instalasinya.

-       Tahan Panas

Pipa tembaga tahan terhadap panas sehingga sangat tepat digunakan pada instalasi media yang mempunyai suhu tinggi. Tingkat ketahanan panas pipa tembaga jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan pipa PVC.

-       Tidak Berkarat

Pipa tembaga tidak mudah berkarat. Walupun terjadi proses oksidasi pada pipa tembaga, ini tidak akan sampai pada tingkat merusak pipa itu sendiri.

Kekurangan Pipa Tembaga

Kekurangan yang dimiliki pipa tembaga yang paling utama yaitu harganya yang mahal. Oleh karena itu, instalasi pemipaan menggunaan pipa tembaga memerlukan inverstasi yang sangat besar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel