-->

Penyebab Es Blok Kulkas Dua Pintu

Pada kulkas dua pintu tidak akan terjadi tumpukan bunga es karena sudah dilengkapi dengan defrost otomatis. Defrost adalah proses pencairan bunga es yang ada pada evaporator. Sedangkan pada kulkas satu pintu tidak ada defrost otomatis, kalaupun ada harus dilakukan secara manual.

Dari mana datangnya bunga es?

Bunga es terjadi karena adanya uap air di dalam lemari es. Uap air ini akan terkondensasi (mengembun) karena suhu dingin pada evaporator. Embun ini semakin lama semakin banyak dan akan membentuk tumpukan bunga es.

Penyebab Es Blok Kulkas Dua Pintu

Tumpukan bunga es bisa disebabkan karena:

1. Pintu kulkas terlalu sering dibuka. Pada saat pintu kulkas dibuka, maka udara dari luar yang mengandung uap air akan masuk. Semakin sering pintu kulkas dibuka maka akan semakin banyak uap air yang masuk sehingga akan semakin cepat terbentuk tumpukan bunga es.

2. Dari bahan makanan yang didinginkan. Menyimpan air di dalam kulkas harus ditutup rapat untuk menghindari penguapan. Apa lagi jika air tersebut masih hangat atau panas. Juga dari bahan sayuran yang mudah menguapkan uap air. Jika menyimpan sayuran agar ditempatkan di laci bagian bawah dan ditutup. Ini untuk menghindari penguapan dari sayuran.

3. Pintu kulkas yang tidak rapat. Untuk kulkas yang sudah lama, karet pada pintu akan menjadi keras karena terkena suhu dingin yang lama. Pintu kulkas tidak akan rapat yang menyebabkan udara luar bisa masuk. Ini akan menyebabkan semakin cepatnya terjadi bunga es. Karet pintu kulkas yang sudah keras bisa dipanaskan menggunakan hair drier untuk membuatnya lentur kembali. Walaupun kelenturannya tidak akan sama seperti baru.

4. Setting suhu terlalu dingin. Jika kita mengatur suhu kulkas kita terlalu dingin maka akan menyebabkan semakin cepat terjadi penguapan dari bahan yang didinginkan di dalam kulkas. Oleh karena itu kita harus bisa setting suhu kulkas tidak terlalu dingin.

Walaupun kulkas dua pintu sudah dilengkapi dengan fasilitas no frost yang menjaga agar evaporator tidak terjadi bunga es, bukan tidak mungkin lagi bunga es akan tertumpuk. Pada keadaan defrost, kulkas dua pintu akan mengaktifkan elemen pemanas yang menempel pada evaporator. Elemen ini menghasilkan panas yang digunakan untuk mencairkan bunga es (es blok) yang menutupi evaporator. Jika terjadi es blok pada evaporator, maka kulkas dua pintu tidak akan dingin (dinginnya kurang). Hal ini dikarenakan udara tidak dapat bersirkulasi melewati evaporator yang tertutupi es blok.

Penyebab Es Blok Kulkas Dua Pintu

Es blok pada kulkas dua pintu terjadi karena proses defrost (pencairan bunga es) tidak terjadi. Hal ini bisa diakibatkan karena sistem komponen kelistrikan yang mengatur proses defrost terjadi kerusakan dan harus dilakukan pemeriksaan semua komponen tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel