-->

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati

Kompresor Hidup Mati, Kulkas Tidak Dingin;   Sebuah unit kulkas berfungsi sebagai tempat mendinginkan makanan atau minuman. Pada saat kita membuka kulkas untuk menikmati minuman dingin, ternyata air yang ada di dalam kulkas tidak dingin. Ini pasti ada yang tidak beres dengan kulkasnya. Setelah di cek, didapat data:

1. Lampu penerangan di dalam kulkas masih menyala jika pintu kulkas dibuka. Ini berarti tegangan listrik masih ada yang masuk ke rangkaian kelistrikan kulkas.

2. Posisi thermostat pada mode cool (pendinginan). Setelah diputar hingga posisi dingin maksimal ternyata kondisinya masih tetap sama.

3. Kompresor mati. Setelah dituggu, kompresor bekerja (bergetar) tetapi kemudian mati lagi setelah dua hingga lima detik. Ini berulang terus menerus.

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati

Dari data kondisi kulkas dapat disimpulkan bahwa ada permasalahan pada sistem kerja kompresor. Kulkas tidak akan dingin karena kompresor berhenti bekerja sebelum setting suhu (suhu yang diharapkan) belum tercapai. Kemungkinan bagian yang bermasalah antara lain:

Sistem pendingin buntu

Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant yang ada dalam sistem pendingin. Jika ada bagian sistem pendingin yang buntu total (biasanya pada pipa kapiler) maka kerja kompresor juga akan terganggu. Pada saat pipa kapiler buntu total, silkus refrigerant akan terhenti pada sisi tekana tinggi (kondensor) yang menyebabkan tekanan pada kondensor akan sangat tinggi. Tingginya tekanan pada kondensor menyebabkan kerja kompresor menjadi berat yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi lebih tinggi dari kondisi normal. Tingginya arus listrik menyebabkan overload  menjadi panas dan kontak overload akan terbuka (kompresor menjadi mati). Setelah beberapa saat (overload dingin) kontak overload akan menutup kembali (kompresor kembali bekerja). Begitu seterusnya sehingga cabinet kulkas tidak dingin.

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati

Untuk mengatasi masalah ini harus mencabut pipa kapiler dan dibuang bahan yang menyumbatnya. Kalau pipa kapiler sudah dilepas, sekalian ganti filter/drier.

Start Relay Rusak / PTC

Kerusakan pada bagian start relay menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja). Oleh karena kompresor tidak pernah bekerja normal, maka cabinet kulkas tidak akan pernah dingin.

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati
Overload Lemah

Overload lemah jarang terjadi, tetapi sekecil apapun kemungkinannya kita harus tetap mengeceknya. Lemahnya overload menyebabkan kontak cepat membuka pada temperature yang kurang panas. Kontak overlaod akan membuka dan menutup pada temperature tertentu. Overload yang lemah bisa kita antisipasi dengan cara menyetel (memutar) baut yang ada pada bagian dalam overload. Tetapi ini sangat beresiko karena kita tidak tahu berapa derajat temperature yang berubah jika kita memutar baut setelan.

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati

Salah Satu Lilitan Terbakar

Jika salah satu lilitan terbakar menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati

Untuk mengecek apakah lilitan kompresor masih bagus atau tidak adalah dengan menggunakan multimeter. Caranya adalah:

1. Lepaskan semua konektor yang ada pada terminal kompresor.

2. Ambil multimeter dan posisikan selector pada ohm 1x atau 10x.

3. Tempelkan probe (kabel multimeter) ke terminal kopresor.

4. Jika dari ketiga terminal tersebut ada yang tidak berhubungan, maka lilitan didalamnya terbakar (putus).

Jika kompresor terbakar lilitannya, maka solusinya adalah dengan mengganti kompresor.

Mekanik Kompresor Macet

Mekanik kompresor terletak di dalam kompresor. Macetnya kompresor bisa dikarenakan ada kotoran yang mengganjal gerakan kompresor. Pada saat start, kompresor tidak kuat untuk berputar. Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).

Kulkas Tidak Dingin, Kompresor Hidup Mati
Untuk mengatasi ini kita bisa coba mengganti start relay / PTC dengan kapasitor. Tujuan penggantian adalah untuk mendapatkah momen putar yang lebih besar. Besarnya kapasitor mulai dengan 10uF kemudian kita hidupkan kulkas tetapi jangan terlalu lama. Jika sudah berputar maka lepas sumber listrik dan kembalikan start relay seperti semula. Jika belum bisa berputar, coba ganti kapasitor dengan yang lebih besar.

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel