-->

Nodemcu Esp8266 Tidak Terdeteksi Port Usb

USB (Universal Serial Bus) adalah fasilitas yang disediakan oleh perangkat tertentu baik itu komputer maupun Smartphone untuk menghubungkan perangkat tambahan/luar. Pada unit komputer, Port USB ini digunakan untuk menghubungkan keyboard, mouse, printer, maupun scanner. Sedangkan port USB pada smartphone digunakan untuk menyambungkan charger ataupun untuk transfer data. Nodemcu ESP8266 dapat digunakan jika dihubungkan dengan unit pemrogram baik itu komputer maupun smartphone melalui port USB.

Nodemcu ESP8266 merupakan sebuah platform open source baik itu berupa hardware dan juga software yang digunakan sehingga siapapun boleh membuat ataupun memodifikasinya. Oleh karena itu, banyak yang memproduksi Nodemcu sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing. Nodemcu ESP8266 dihubungkan dengan komputer ataupun laptop pada port USB.

Nodemcu Esp8266 Tidak Terdeteksi Port Usb

Pada penggunaan Nodemcu ESP8266 terkadang tidak terdeteksi oleh driver USB bawaan dari Windows. Hal ini dikarenakan Nodemcu ESP8266 memiliki perbedaan tergantung pembuatnya. Bagi perangkat yang tidak bisa membaca port Nodemcu ESP8266, kita harus melakukan instalasi Driver USB menggunakan Driver CH341SER. Untuk mengatasi masalah port Nodemcu ESP8266 tidak terbaca pada Arduino IDE, berikut langkah-langkahnya:

1. Download Driver USB CH341SER melalui link berikut:

Driver USB CH341SER.rar

2. Setelah proses download selesai, kemudian ekstrak file rar tersebut.

3. Klik file application SETUP, kemudian akan muncul jendela seperti berikut

4. Klik INSTALL dan tunggu hingga proses selesai.

5. Jika instalsi berhasil maka akan muncul jendela notifikasi kemudian close.

Setelah melakukan langkah di atas, maka driver baru untuk USB sudah terpasang. Sekarang kita coba cek apakah Nodemcu ESP8266 sudah bisa terbaca atau belum. Hubungkan Nodemcu ESP8266 ke port USB. Kemudian bukalah Divice Manager melalui Control Panel → Hardwere and Sound → Device Manager. Setelah jendela Device Manager terbuka, kemudian klik Ports. Jika sudah terkoneksi antara Nodemcu ESP8266 dengan komputer, maka akan terlihat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel