-->

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas;   Sewaktu kita kulkas kok banyak tumpukan bunga es di bagian freezer. Ini biasanya terjadi pada kulkas satu pintu atau kulkas freezer. Mengapa kulkas dua pintu tidak terdapat tumpukan bunga es di bagian freezer sedangkan kalau pada kulkas satu pintu sudah menjadi pandangan sehari-hari.

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas
Pada kulkas dua pintu tidak akan terjadi tumpukan bunga es karena sudah dilengkapi dengan defrost otomatis. Defrost adalah proses pencairan bunga es yang ada pada evaporator. Sedangkan pada kulkas satu pintu tidak ada defrost otomatis, kalaupun ada harus dilakukan secara manual.

Dari mana datangnya bunga es?

Bunga es terjadi karena adanya uap air di dalam lemari es. Uap air ini akan terkondensasi (mengembun) karena suhu dingin pada evaporator. Embun ini semakin lama semakin banyak dan akan membentuk tumpukan bunga es.

Tumpukan bunga es bisa disebabkan karena:

1. Pintu kulkas terlalu sering dibuka. Pada saat pintu kulkas dibuka, maka udara dari luar yang mengandung uap air akan masuk. Semakin sering pintu kulkas dibuka maka akan semakin banyak uap air yang masuk sehingga akan semakin cepat terbentuk tumpukan bunga es.

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas

2. Dari bahan makanan yang didinginkan. Menyimpan air di dalam kulkas harus ditutup rapat untuk menghindari penguapan. Apa lagi jika air tersebut masih hangat atau panas. Juga dari bahan sayuran yang mudah menguapkan uap air. Jika menyimpan sayuran agar ditempatkan di laci bagian bawah dan ditutup. Ini untuk menghindari penguapan dari sayuran.

3. Pintu kulkas yang tidak rapat. Untuk kulkas yang sudah lama, karet pada pintu akan menjadi keras karena terkena suhu dingin yang lama. Pintu kulkas tidak akan rapat yang menyebabkan udara luar bisa masuk. Ini akan menyebabkan semakin cepatnya terjadi bunga es. Karet pintu kulkas yang sudah keras bisa dipanaskan menggunakan hair drier untuk membuatnya lentur kembali. Walaupun kelenturannya tidak akan sama seperti baru.

4. Setting suhu terlalu dingin. Jika kita mengatur suhu kulkas kita terlalu dingin maka akan menyebabkan semakin cepat terjadi penguapan dari bahan yang didinginkan di dalam kulkas. Oleh karena itu kita harus bisa setting suhu kulkas tidak terlalu dingin.

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas

Kerugian akibat tumpukan bunga es

Kalau yang kita lihat bunga mawar atau bunga desa mungkin enak ngelihatnya. Tetapi jika tumpukan bunga es yang dilihat pemandangannya pasti tidak nyaman, bahan yang didinginkan di freezer juga akan susah diambil karena tertutupi bunga es yang keras.

Selain itu efek pendinginan kulkas akan berkurang. Tumpukan bunga es akan menghalangi terjadinya perpindahan panas antara evaporator dengan udara di sekitarnya. Ini akan menyebabkan proses pendinginan semakin lama.

Cara menghilangkan bunga es

Jika pada kulkas dua pintu terjadi bunga es, maka pasti ada komponen yang rusak. Yang paling umum karena kipas evaporator rusak. Kemunginan yang lain yaitu bagian defrost rusak (defrost timer, sensor (bulb), elemen pemanas).

Pada kulkas satu pintu yang terdapat tombol defrost, tinggal ditekan aja tombolnya. Setelah tombol ditekan, kompresor akan berhenti bekerja untuk beberapa saat sehingga bunga es dapat mencair.

Penyebab Bunga Es (Es Blok) Kulkas

Untuk kulkas yang tidak terdapat tombol defrost, kita harus matikan kompresor. Caranya bisa dengan memutar tombol pengatur suhu pada posisi off atau dengan mencabut sumber listriknya. Setelah bunga es mencair, kulkas bisa dihidupkan kembali. Karena kulkas satu pintu tidak terdapat saluran pembuangan air, maka kita harus siap-siap akan terjadinya banjir di sekitar kulkas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel