-->

Prinsip Cara Kerja Majic Jar / Majic Com

Alat penanak nasi yang banyak dipakai pada rumah tangga umum menyebutnya majic jar atau majic com. Dan karena waktu penanakannya cukup lama, alat ini disebut juga sebagai slowcooker. Peralatan ini memungkinkan digunakan pada rumah tangga, karena pemakaian dayanya mulai dari 350 watt, 500 watt, 800 watt, dan seterusnya. Daya yang sebesar itu digunakan untuk proses cooking, sedangkan untuk proses warming biasanya dayanya dibawah 100 watt.

Bagian-bagian pokok penanak nasi

Prinsip Cara Kerja Majic Jar / Majic Com

Pada dasarnya peralatan ini terdiri dari bagian pokok :

1. Pan bagian dalam, untuk menempatkan beras yang akan ditanak, terbuat dari logam/aluminium yang dilapisi bahan anti lengket.

2. Elemen pemanas, pada majic jar / majic com tertentu pemanas ini dililitkan pada bagian samping pan bagian dalam. Untuk jenis seperti ini, apabila elemen rusak dapat diperbaiki. Namun pada kebanyakan majic jar / majic com  yang diperdagangkan sekarang  elemen pemanas ditempatkan dalam bagian/pipa yang solid/permanen, sehingga bila rusak sukar diperbaiki.

3. Pan bagian dalam dan  elemen. Pada bagian ini biasanya terdapat saklar dan terminal untuk kabel daya. Saklar umumnya mempunyai 2 kedudukan yaitu kedudukan cooking dan warm.

4. Kabel power, kabel ini biasanya terdiri dari tusuk kontak untuk ke sumber listrik dan kontra steker untuk keterminal pada peralatan. Bila peralatan tidak dipakai, kabel dapat dilepas dan disimpan terpisah.

5. Tutup, Kebanyakan majic jar mempunyai dua buah tutup yaitu satu tutup untuk pan bagian dalam dan satu lagi tutup bagian atas yang dilengkapi dengan klem. Rumah bagian luar (out case)  sebagai  pelindung bagian kelistrikan dan bagian pemanas dari sentuhan.

Prinsip kerja majic jar

  

Prinsip Cara Kerja Majic Jar / Majic Com

Cara kerjaCara kerja Majic jar / majic com sesuai gambar diatas adalah sebagai berikut :

1. Sensor panas disusun pararel dengan bimetal. Pada posisi cooking, berarti saklar cooking akan menghubungkan arus listrik ke elemen pemanas, sehingga proses penanakan nasi berlangsung.

2. Bila nasi sudah masak maka saklar cooking akan membuka, hal ini terjadi karena sensor panas bekerja. Bekerjanya sensor disebabkan oleh panas yang diterima oleh magnet, sehingga struktur kemagnetannya tidak teratus sehingga sifat kemagnetanya mengecil/menghilang. Bersama dengan itu, tuas bergerak turun memutuskan arus listruk yang melalui saklar cooking (proses cooking selesai).

3. Pada kondisi ini proses warming berlangsung, yaitu adanya bimetal/termostat yang bekerja memutus dan menghubungkan arus listrik secara periodik ke elemen pemanas. Setting suhunya lebih rendah dari pada sensor magnet, sehingga nasi tetap hangat dan tidak akan gosong.

Majic jar / majic com saat ini terdapat banyak macamnya. Mulai dari yang biasa atau manual hingga sudah menggunakan tampilan digital. Harganya juga bermacam-macam dari yang murah hingga yang mahal. Harga yang mahal biasanya memberikan fasilitas yang lebih dari harga yang murah, selain itu juga bahan yang digunakan mempunyai kualitas yang lebih baik.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel