-->

Kelebihan Kekurangan Sambungan Pipa Brazing Dan Tanpa Brazing

Cara menyambung pipa tembaga ada yang menggunakan brazing dan ada juga yang tidak menggunakan brazing. Menyambung pipa tembaga menggunakan brazing merupakan sambungan permanen yang sebelumnya salah satu pipa harus di swagging atau dibesarkan diameternya. Sementara menyambungkan pipa tanpa brazing menggunakan flare nut yang sebelumnya pipa harus di flaring atau dilebarkan ujungnya.

Penyambungan pipa tembaga baik itu menggunakan brazing ataupun tidak, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Berikut kelebihan dan kekurangan dari kedua teknik tersebut. 

Penyambungan Dengan Brazing

Kelebihan yang dimiliki dari teknik sambungan dengan brazing antara lain sambungan sangat rapat. Ini biasa digunakan dalam sistem kulkas, semua sambungan pipa dilakukan dengan brazing. Refrigerant pada kulkas tidak akan habis selama tidak ada kebocoran sistem pemipaan. Teknik ini sangat baik jika digunakan pada sistem pemipaan yang permanen (tidak bongkar pasang).

Kelebihan Kekurangan Sambungan Pipa Brazing Dan Tanpa Brazing

Kekurangan dari teknik sambungan pipa dengan brazing antara lain proses pengerjaan yang lebih sulit. Proses penyambungan harus dilakukan pada tempat yang bebas dari bahan yang mudah terbakar. Selain itu, teknik brazing harus dilakukan dengan tepat. Menggunakan teknik brazing pipa tembaga yang tidak tepat akan menyebabkan terjadinya oksidasi pada bagian dalam pipa tembaga. Hasil oksidasi pipa tembaga ini akan menyebabkan penyumbatan komponen ekspansi sistem pendingin. 

Penyambungan Tanpa Brazing

Kelebihan dari penyambungan pipa tembaga tanpa brazing antara lain mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tempat khusus ataupun peralatan yang banyak. Penyambungan pipa tembaga tanpa brazing menggunakan bahan tambahan berupa flare nut dan alat yang digunakan hanya flaring tool dan kunci. Penyambungan pipa tanpa brazing juga tidak ada hasil sampingan berupa oksidasi tembaga, sehingga sistem pemipaan akan lebih bersih dan lancar. Teknik ini juga baik digunakan pada sistem pemipaan yang sering dilakukan bongkar pasang. 

Kelebihan Kekurangan Sambungan Pipa Brazing Dan Tanpa Brazing

Kekurangan dari penyambungan pipa tembaga tanpa brazing antara lain sambungan pipa tidak benar rapat. Tekanan yang tinggi dari sistem refrigerasi sangat memungkinkan refrigeran untuk keluar dari sistem pemipaan sedikit demi sedikit.

Dari uraian di atas, untuk memutuskan sambungan mana yang terbaik, kita harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Satu kondisi mungkin lebih baik menggunakan sambungan pipa dengan brazing. Tetapi pada kondisi yang lain, sambungan pipa tembaga tanpa brazing mungkin lebih efektif. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai melihat kondisi yang ada. 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel