-->

Jenis Sistem Pemanas Air Dilihat Dari Tampungannya

Water Heater atau pemanas air adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menaikkan temperatur air tertentu sesuai dengan keperluan. Sumber energi yang digunakan untuk memanaskan air ini berasal dari berbagai jenis. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang jenis-jenis pemanas air yang digunakan di masyarakat. Air panas yang dihasilkan akan dimanfaatkan terutama untuk keperluan mandi. Jadi suhu air yang dihasilkan tidak sampai 100oC atau air mendidih.

Sistem pemanas air ada yang mempunyai tampungan air panas dan ada yang tidak mempunyai tampungan air panas yaitu Sistem Pemanas Air Dengan Tampungan dan Sistem Pemanas Air Tanpa Tampungan. Berikut sedikit penjelasan tentang kedua sistem pemanas air tersebut.

1. Sistem Pemanas Air Dengan Tampungan

Sistem pemanas air yang menggunakan tampungan digunakan pada sistem pemanas air tenaga matahari (Solar Water Heater), pemanas air dari refrigerant (Heat Pump Water Heater), pemanas air dari pengkondisi udara (Air Conditioning Water Heater), pemanas air tenaga listrik (Electric Water Heater), dan pemanas air gas (Gas Water Heater).


Sistem pemanas air ini akan menghasilkan air panas dan akan ditampung pada suatu tempat (wadah). Tempat penampungan air ini mempunyai isolator panas untuk mempertahankan panas yang ada pada air agar tidak keluar dari tampungan.

Sistem pemanas air dengan tampungan ini mempunyai karakteristik pemanasan air yang lebih lambat. Air dinaikkan suhunya dengan waktu yang lebih lama. Hal ini karena panas dari sumber energi yang lebih kecil dan juga karena air yang dipanaskan lebih banyak. Sistem pemanas air dengan tampungan ini mempunyai bentuk yang besar, tergantung dari berapa liter kapasitas tampungan yang digunakan. Semakin besar kapasitas tampungan maka akan lebih besar juga bentuknya.

2. Sistem Pemanas Air Tanpa Tampungan

Sistem pemanas air yang tidak memiliki tampungan biasa digunakan pada sistem pemanas air yang menggunakan sumber energi listrik (Electric Water Heater) dan energi gas (Gas Water Heater).

Sistem pemanas air ini menghasilkan air panas yang digunakan secara langsung. Air panas yang dihasilkan akan disalurkan ke kran kran kamar mandi. Pada kran tersebut dilakukan pencampuran antara air panas dan air dingin sehingga mendapatkan air hangat sesuai dengan keinginan.

Sistem pemanas air tanpa tampungan ini mempunyai karakteristik pemanasan air yang cepat. Air dinaikkan suhunya dengan waktu yang relatif singkat. Hal ini didukung dengan energi panas yang besar dari sumber energi. Selain itu, sistem pemanas air yang tidak mempunyai tampungan ini mempunyai bentuk yang lebih ramping sehingga sangat tepat digunakan pada rumah minimalis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel