-->

Kelebihan Kekurangan Mandi Air Panas

Air yang digunakan untuk mandi bisa menggunakan air panas dan juga air dingin. Dari kedua jenis air yang digunakan tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mandi dengan air panas untuk beberapa orang akan memberikan kasiat yang baik untuk tubuh. Tetapi untuk sebagian yang lainnya akan memberikan kondisi yang lebih buruk bagi tubuh. Berikut penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada saat kita mandi menggunakan air panas dan air dingin.

Mandi menggunakan air panas

Bagi beberapa orang senang menggunakan air panas untuk mandi. Dikutip dari berbagai sumber, suhu air panas yang baik untuk mandi yaitu sebesar 40 hingga 42 derajat Celcius. Suhu tersebut merupakan batasan suhu air untuk mandi orang dewasa. Tentu untuk bayi mempunyai suhu yang berbeda lagi yaitu tidak boleh lebih dari 32 derajat Celcius. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih tipis dan sangat halus.

Kelebihan kekurangan mandi air panas

Manfaat mandi menggunakan air panas

Berikut beberapa manfaat jika kita mandi menggunakan air panas.

Melancarkan peredaran darah; Pada saat kita mandi menggunakan air panas, maka pembuluh darah tubuh kita akan semakin besar. Dengan demikian, aliran darah juga akan lebih lancar.

Melemaskan otot yang kram, kaku, tegang, ataupun nyeri; Jika kita terlalu capek setelah melakukan kegiatan selama seharian, kemudian kita mandi menggunakan air panas maka rasanya sangat segar. Itu karena otot yang kaku karena aktifitas akan menjadi lebih lemas terkena suhu panas air.

Mengurangi rasa cemas dan stres; Diterangkan pada sebuah jurnal penelitian yang diterbitan di Inggris pada tahun 2002, bahwa air panas yang digunakan untuk mandi dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan hormon yang berguna untuk membuat diri seseorang menjadi lebih senang dan berpikir positif.

Mencegah gangguan tidur dan insomnia; Cara ini patut dicoba bagi siapa saja yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur (Insomnia). Cobalah untuk mandi menggunakan air panas dan rasakan perbedaannya. Tidur menjadi lebih tenang dan berkualitas.

Kelebihan kekurangan mandi air panas

Kekurangan mandi menggunakan air panas

Selain beberapa kelebihan pada saat kita mandi menggunakan air panas, terdapat pula kekurangan yang bisa diderita pada saat kita mandi menggunakan air panas. Berikut beberapa resiko yang mungkin akan timbul pada saat kita mandi menggunakan air panas.

Kulit kering dan pecah-pecah; Mandi menggunakan air panas dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Air panas bisa menyebabkan minyak pada permukaan kulit menjadi lebih mudah berikatan dengan sabun. Semakin sedikitnya kandungan minyak pada permukaan kulit ini yang menyebabkan permukaan kulit menjadi kering. Jika kulit kering ini cukup parah, maka akan menyebabkan kerusakan permukaan kulit berupa kulit pecah-pecah.

Penyebab rambut bercabang; Selain membuat kulit menjadi lebih kering, mandi dan keramas menggunakan air panas juga dapat membuat rambut manjadi lebih kering. Rambut yang sudah terlanjur kering bisa berakibat menjadi mudah patah dan ujungnya bercabang.

Tekanan darah menurun dengan tiba-tiba; Jika setelah mandi menggunakan air panas kemudian kepala menajdi agak pusing dan berkunang-kunang, mungkin ini dikarenakan terjadinya penurunan tekanan darah yang cukup drastis. Bagi penderita tekanan darah rendah, harap berhati-hati pada saat mandi menggunakan air panas.

Demikian artikel singkat mengenai kelebihan dan kekurangan mandi menggunakan air panas. Semoga dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel