-->

Definisi Singkatan IP Tingkat Kode Perlindungan Lampu Deskripsi Pengertian Istilah

Mungkin dari kita sudah ada yang pernah melihat kode IPxx yang ada di sebuah peralatan listrik. IP sendiri adalah singkatan dari Ingress Protection. IP ini merupakan keterangan yang ada pada peralatan listrik secara internasional. Dalam penulisannya, IP diikuti oleh dua digit angka arab dimana di kedua angka tersebut merupakan tingkat dari perlindungan peralatan dari gangguan luar.

Digit pertama dari angka IP menunjukkan tingkat perlindungan terhadap benda asing yang merupakan benda padat. Benda padat yang dimaksud bisa berupa bagian tubuh manusia, serangga, atau benda dengan ukuran yang lebih kecil lagi seperti pasir dan debu.

Sedangkan digit kedua dari angka IP menunjukkan tingkat perlindungan terhadap benda cair. Yang dimaksud benda cair ini dapat berupa air atau minyak dengan kriteria percikan, tetesan, hingga jika peralatan listrik tersebut direndam di dalam cairan.

Definisi Singkatan IP Tingkat Kode Perlindungan Lampu Deskripsi Pengertian Istilah

Berikut keterangan dari angka IP digit pertama

0 – Tidak adanya perlindungan terhadap gangguan luar. Ini menandakan kalau alat tersebut kondisinya terbuka

1 – Perlindungan peralatan listrik dari benda yang berukuran lebih besar dari 50 mm. Ini menandakan jika peralatan listrik tersebut, bagian dalamnya dapat tersentuh oleh jari tangan, tetapi dapat melindungi dari telapak tangan.

2 – Perlindungan peralatan listrik dari benda yang berukuran lebih besar dari 12 mm. Dengan perlindungan ini, jari tangan manusia tidak dapat menyentuh bagian dalam dari peralatan listrik tersebut.

3 – Perlindungan peralatan listrik dari benda yang berukuran lebih besar dari 2,5 mm. Dengan perlindungan ini, peralatan listrik, kabel atau benda dengan ukuran lebih besar dari 2,5 mm tidak dapat masuk ke dalam peralatan.

4 – Perlindungan peralatan listrik dari benda yang berukuran lebih besar dari 1 mm. Dengan perlindungan ini, cicak, nyamuk, lalat, atau serangga lainnya dengan ukuran lebih dari 1 mm tidak dapat masuk ke dalam peralatan listrik.

5 – Perlindungan peralatan listrik dari benda yang berukuran kecil seperti debu. Tetapi perlindungan terhadap debu ini hanya jika jumlahnya sedikit. Jika jumlah debu yang mengenai peralatan listrik tersebut dalam jumlah banyak, maka perlindungannya tidak akan mampu dan debu tetap akan masuk.

6 – Perlindungan peralatan listrik terhadap debu walaupun jumlahnya banyak. Perlindungan ini akan benar-benar melindungi peralatan listrik dari debu.

Untuk digit yang kedua dari angka IP dijelaskan di bawah.

0 – Tidak ada perlindungan terhadap cairan.

1 – Perlindungan peralatan listrik dari percikan cairan. Yang dimaksud percikan pada perlindungan ini adalah percikan cairan secara vertikat atau dari atas.

2 – Perlindungan peralatan listrik dari percikan cairan hingga kemiringan 15 derajat. Peralatan listrik masih bisa beroperasi secara normal jika terkena percikan air kurang dari atau sama dengan 15 derajat secara vertikal.

3 – Perlindungan peralatan listrik dari percikan secara horizontal atau dari samping. Dengan perlindungan ini, peralatan listrik masih bisa beroperasi dengan normal jika terkena semprotan cairan dari samping.

4 – Perlindungan peralatan listrik dari percikan air dengan berbagai arah. Dengan perlindungan ini, peralatan listrik masih bisa beroperasi dengan normal jika terkena semprotan air dari atas, samping, dan juga dari bawah.

5 – Perlindungan peralatan listrik dari guyuran (gelombang) air. Dengan perlindungan ini, peralatan listrik masih bisa beroperasi dengan normal jika terkena guyuran air atau dengan kata lain terendam air tetapi dalam waktu singkat.

6 - Perlindungan peralatan listrik dari guyuran (gelombang) air. Dengan perlindungan tingkat ini, peralatan listrik masih bisa beroperasi dengan normal jika terandam air atau di bawah tekanan air dalam jangka waktu tertentu.

7 – Perlindungan menyeluruh dari cairan. Dengan perlindungan tingkat ini, peralatan listrik masih dapat beroperasi dengan normal walupun berada di dalam cairan atau dibawah tekanan air dalam waktu yang lama.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai IP maka semakin baik perlindungannya. Tetapi dengan konsekuensi dengan harga yang lebih mahal.

Contoh jika pada lampu listrik yang mempunyai kode IP65 berarti lampu tersebut dapat ditempatkan di luar ruangan, aman jika terkena air hujan, tetapi tidak boleh terendam air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel