-->

MENGHILANGKAN ANGKA NOL DIBELAKANG KOMA ARDUINO

Cara Menghilangkan Nol Dibelakang Koma Arduino;   Pada saat kita menampilkansuhu dan kelembaban dengan menggunakan library DHT, kita menemukan dua buah angka nol dibelakang koma. Angka tersebut tetap saja menjadi nol padahal suhu dan kelembaban terus berubah. Jadi bisa dibilang dua buah angka nol dibelakang koma tersebut hanyalah asesoris saja. Alangkah lebih baik jika dua angka nol dibelakang koma tersebut dihilangkan saja.


Mari kita bahas dulu tampilan jika menggunakan serial monitor. Kita gunakan contoh program yang ada pada arduino. Kita buka File→Examples→DHT sensor library→DHTtester. Upload file contoh tersebut kemudian buka serial monitor, maka akan terlihat hasil dari kelembaban, temperature terdapat dua buah nol dibelakang koma.


Jika kita tampilkan hasil tersebut menggunakan LCD, maka kita juga akan mendapatkan dua buah angka nol dibelakang koma seperti pada gambar di bawah ini.


Dua buah angka nol tersebut bisa dihilangkan dengan merubah nilai suhu dan kelembaban ke bentuk integer dulu kemudian nilai integer baru ditampilkan. Caranya seperti ini:
Sebelum void setup kita inisialisasikan dulu temp untuk temperature dan kelb untuk kelembaban.


Dari sini nilai temp dan kelb adalah bentuk integer (bilangan bulat). Kemudian kita masukkan nilai t ke temp dan nilai h ke kelb pada void loop. Setelah itu nilai nilai temp dan kelb kita tampilkan.


Setelah kita ganti kemudian kita coba upload program tersebut dan kita lihat hasilnya pada serial monitor. Maka dua buah nol dibelakang koma akan hilang beserta komanya.


Jika ditampilkan pada LCD maka hasilnya menjadi seperti pada gambar dibawah:



Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel