-->

CABIN AIR FILTER / FILTER UDARA KABIN

Filter udara, filter ac, evaporator, ac mobil, sistem kerja ac, cara membersihkan filter kabin, langkah-langkah memasang filter udara, eveporator, letak filter.
Semua peralatan pasti memerlukan perawatan rutin, baik itu harian, bulanan, ataupun tahunan. Termasuk juga AC mobil perlu perawatan agar kerjanya tetap maksimal. Pemeliharaan sistem AC mobil ini biasanya dilakukan di bengkel yang terpercaya. Tetapi ada perawatan yang bisa kita lakukan sendiri tanpa kerumitan yang berarti yaitu membersihkan filter udara pada kabin.




Filter udara kabin merupakan salah satu komponen dalam sistem pendinginan, terutama pada sirkulasi udara dingin di dalam mobil. Seperti namanya, filter ini berfungsi sebagai penyaring udara yang melewatinya. Udara yang disaring yaitu udara sebelum masuk ke evaporator. Hal ini untuk menghindari menempelnya kotoran pada sirip-sirip evaporator.



Sirip evaporator merupakan alat penukar panas, jika sirip ini terhalang oleh kotoran (dalam hal ini debu) maka proses penukaran panas juga akan terhalang sehingga udara yang keluar dari evaporator kurang dingin. Berkurangnya dingin pada udara yang keluar dari evaporator akan menyebabkan setting suhu semakin lama tercapai. Secara otomatis kerja compressor akan semakin lama yang akan menyebabkan kerja mesin mobil juga akan semakin berat. Sehingga konsumsi bahan bakarpun akan semakin banyak.

Kotoran pada sirip evaporator juga dapat menyebabkan proses oksidasi (proses karat) pada evaporator akan semakin cepat. Hal ini akan menyebabkan umur pakai evaporator semakin singkat karena evaporator akan lebih cepat bocor.

Untuk menghindari hal tersebut, sangat perlu untuk menjaga kebersihan filter udara kabin. Caranya sangat mudah dan sederhana. Berikut langkah-langkah cleaning cabin air filter untuk mobil avanza:
Ø Cari keberadaan filter udara kabin. Untuk mobil avanza ada di balik laci (tempat paling umum dari jenis mobil lain).


Ø Buka dan lepaskan laci mobil dari kabin. Setelah dibuka akan terlihat kotak tempat filter.
Ø Buka dan lepaskan penutup filter, kemudian tarik filter keluar.
Ø Bersihkan filter udara kabin dengan ditiup menggunakan kompresor udara atau dihisap menggunakan penghisap debu (vacuum cleaner).


Ø Setelah bersih pasang ke tempat semula dan kembalikan semua bagian seperti sedia kala.

Hal tersebut dilakukan dengan waktu yang cukup singkat tetapi akan memberi manfaat yang sangat besar. Cukup mudah kan??


Untuk Mobil TanpaFilter Udara Kabin dapat ditambahkan filter dengan dudukannya. Karena tidak semua jenis mobil menggunakan filter udara kabin.

Semoga artikel ini bermanfaat.


“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel