-->

KERJA MAGNET CLUTCH AC MOBIL

Cara kerja magnet clutch ac mobil, kopling magnet, koil, pulley, puli, center piece, sistem, adalah, pengertian, fungsi, penghubung mesin mobil, putaran kompresor.

Magnet Kopling magnet atau magnet clutch adalah bagian dari kompresor ac mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan putaran kompresor dengan putaran mesin mobil.

Magnet clutch tidak terdapat pada kompresor dengan sumber penggerak dari listrik seperti ac split. Pada ac split, setelah seting suhu tercapai, kompresor akan berhenti bekerja dengan cara memutus aliran listrik ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja. Sedangkan pada ac mobil, setelah seting suhu tercapai, kompresor akan berhenti bekerja dengan cara melepaskan hubungan dengan putaran mesin mobil.




Untuk lebih jelasnya, magnet clutch dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
1.  Magnet



  
Magnet disini bukanlah magnet permanen tetapi merupakan sebuah kumparan yang akan menjadi magnet jika dialiri oleh arus listrik dalam hal ini merupakan listrik dari aki (12 volt). Bagian ini tidak berputar (melekat dengan kompresor).

2.  Pulley
    

Pulley merupakan bagian kompresor ac mobil yang selalu berputar selama mesin mobil hidup. Pulley terhubung dengan putaran mesin mobil melalui sabuk (belt), bisa berupa V belt ataupun ribbed belt.

3.  Center piece

Center piece merupakan bagian penghubung dan pemutus putaran pulley dengan putaran kompresor. Center piece mempunyai semacam pegas untuk melepaskan hubungan dengan pulley saat tidak tertarik magnet.

Cara kerja magnet clutch:
Ø Pada saat ac dihidupkan, bagian kumparan akan dialiri arus listrik sehingga menjadi magnet.
Ø Daya magnet tersebut akan menarik center piece dengan kuat.
Ø Center piece yang tertarik oleh magnet akan melekat dengan pulley sehingga kompresor akan bekerja.
Ø Pada saat setting suhu sudah tercapai, aliran listrik ke kumparan akan diputus sehingga daya magnet akan hilang.
Ø Hilangnya daya magnet ini menyebabkan center piece akan kembali ke keadaan semula dan terlepas dari pulley.

Ø Dengan terlepasnya center piece dengan pulley, maka kompresor akan berhenti bekerja tetapi pulley akan tetap berputar.


Begitulah bekerjanya magnet clutch pada ac mobil dan akan berulang secara terus-menerus. Umur pakai merupakan faktor utama magnet clutch ac mobil rusak.

Semoga artikel ini bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel