-->

MAGNET CLUTCH AC MOBIL RUSAK

Magnet clutch ac mobil rusak, cara, mengganti, memperbaiki, adalah, sistem, kerja, kopling, magnet, koil, pulley, puli, center piece, spul, bermasalah, gejala, ciri.

Kopling magnet atau magnet clutch adalah bagian dari compressor ac mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan putaran compressor dengan putaran mesin mobil. Bagian ini terdiri dari tiga komponen utama yaitu magnet, pulley, dan center piece.


Kerusakan pada magnet


Tanda-tanda kerusakan pada bagian magnet adalah center piece tidak dapat tertarik walaupun magnet sudah diberi arus listrik 12 volt. Kerusakan yang terjadi bisa  diakibatkan oleh putusnya kumparan pada magnet.


Kumparan bisa saja dibongkar, dicari bagian yang putus kemudian disambung. Tetapi jika kumparan terbakar sebaiknya diganti saja walaupun bisa juga dililit ulang dengan diameter kawat dan jumlah lilitan yang sama.

Kerusakan pada pulley

Bagian pulley yang umum terjadi kerusakan adalah bearing yang aus. Tanda-tandanya adalah jika pulley diputar terdengar suara berisik atau dengan menggoyangkan pulley dengan tangan.


Penggantian bearing yang rusak merupakan salah satu alternatif untuk menangani masalah tersebut. Tetapi pada saat pemasangan bearing yang baru, sangat dimungkinkan posisi bearing tidak lagi simetris dengan pulley. Hal ini akan mengakibatkan putaran pulley akan oleng atau bergetar. Penggantian satu set pulley yang baru merupakan langkah yang cukup baik.

Kerusakan pada center piece

Kerusakan pada center piece dapat terjadi pada bagian pegas yang sudah lemah atau patah. Tanda-tandanya antara lain pada waktu compressor tidak bekerja, akan terdengar suara gesekan antara pulley dengan center piece. Sedangkan jika compressor bekerja, suara gesekan akan hilang.


Kerusakan yang lain dapat terjadi pada bagian asbes yang sudah aus/habis. Tanda-tandanya berkebalikan dengan kerusakan pada bagian pegas. Yaitu pada saat compressor bekerja akan terdengar suara gesekan antara pulley dengan center piece. Tetapi jika compressor tidak bekerja, suara gesekan akan hilang.


Untuk lebih jelasnya kita harus mengatahui kerja magnet clutch ACKerusakan pada bagian kompling magnet atau magnet clutch sangat disarankan untuk mengganti satu set yaitu magnet, pulley, dan center piece. Hal ini untuk meminimlisir dampat yang ditimbulkan jika magnet clutch diganti per bagian saja.



Semoga artikel ini bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel