-->

MENAMPILKAN SUHU DAN KELEMBABAN ARDUINO


Suhu, Kelembaban, DHT11, LCD 1602, Arduino;   Kita bisa membuat alat pengukur suhu dan kelembaban menggunakan Arduino. Untuk sensor kita bisa menggunakan DHT11 ataupun DHT22. Kali ini akan kita bahas penggunaan DHT11 dengan LCD sebagai penampil suhu dan kelembaban.


Untuk praktisnya kita gunakan saja contoh program yang sudah ada pada program Arduino. Sebelumnya kita dulu hubungan hardware arduino dengan LCD 16x02.



Sedangkan hubungan DHT11 dengan Arduino adalah dengan menguhubungkan pin data DHT11 pada pin A0 Arduino. Sedangkan pin + dihubungkan dengan +5V dan pin – dihubungkan dengan GND.

Sekarang kita masuk ke bagian software. Kita akan menggabungkan contoh program penggunaan LCD dan DHT. Pertama kita buka contoh program LCD yang ada pada Arduino File→Examples→LiquidCrystal→HelloWorld. Kemudian buka juga file contoh untuk DHT11 pada File→Examples→DHT sensor library→DHTtester. Jika DHT sensor library belum ada maka kita harus menambahkan library pada program Arduino dulu.

Ayo kita mulai menggabungkan. Masukkan kode dari DHTtester di bawah ke HelloWorld di bawah #include <LiquidCrystal.h>


Sehingga akan menjadi seperti di bawah


Aktifkan serial monitor dan DHT jika akan menggunakan serial monitor. Caranya pindahkan aja code dari void setup DHTtester di bawah ke void setup HelloWorld.


Kemudian hilangkan lcd.print(“Hello, world!”) karena kita tidak perlu menampilakan tulisan ini di LCD. Atau kalau ingin menuliskan yang lain bisa saja dengan mengubah tulisan Hello, world!. Setelah dipindahkan maka file HelloWorld akan menjadi


Gantikan code pada void loop di dalam file HelloWorld dengan code void loop pada file DHTtester.

Dari code yang dtuliskan sudah bisa menampilkan suhu dan kelembaban. Tetapi hasil pengukuran hanya akan tampil melalui serial monitor. Sekarang kita akan menampilkan hasil pengukuran ke LCD dengan menambahkan code di bagian bawah void loop.


Maka tampilan pada LCD akan seperti di bawah



Kita bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Kita bisa menghilangkanangka nol dibelakang koma dengan memasukkan dulu nilai t ke bentuk integer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Tetap belajar dan berinovasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel