-->

SISTEM AC SPLIT


Sistem ac split, bagian unit indoor outdoor, fungsi, komponen, jenis tipe, wall, cassette, stand floor, ducted, kompresor, evaporator, kondensor, pembuang penyerap pengambil panas, kipas, fan, blower, pcb modul, control unit.


Dinamakan AC Split karena AC tipe ini ada bagian yang terpisah. Sistem AC Split (Split Air Conditioner System) terdiri dari dua bagian. Satu bagian terdapat di dalam ruangan atau yang lebih dikenal dengan unit indoor. Satu bagian lagi terdapat di luar ruangan ( unit outdoor).

Unit indoor berfungsi sebagai pengambil panas (mendingikan) udara ruangan. Unit indoor secara umum terdiri dari evaporator, kipas evaporator (blower), dan unit modul (control unit).
Unit indoor dipasang pada tengah ruangan agar hembusan udara dapat menjangkau semua bagian ruang. Unit indoor harus dipasang pada posisi datar agar hasil kondensasi dapat mengalir dengan lancer ke luar ruangan.

Unit outdoor berfungsi sebagai pembuang panas. Unit outdoor secara umum terdiri dari kondensor, kipas kondensor, dan kompresor. Untuk AC tipe inverter terdapat juga unit modul yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putar kompresor.


Unit outdoor dipasang pada tempat yang tidak banyak lalu lintas orang dan terhindar dari panas matahari. Unit outdoor harus diusahakan pada tempat yang teduh agar pembuangan panas maksimal. Jika unit outdoor ditempatkan pada tempat yang panas, maka pembuangan panas akan terhambat sehingga hasil pendinginan pada unit indoor juga akan berkurang.

AC Split terdapat beberapa jenis dilihat dari bentuk unit indoornya antara lain AC Split Wall, AC Split Ducted, AC Split Cassette, dan AC Split Stand Floor.


AC Split Wall merupakan yang paling umum dipakai di masyarakat/perumahan dan dipasang menempel pada dinding.

 

AC Split Cassette digunakan untuk ruang yang agak luas karena hembusan udara dapat menjangkau empat penjuru.

AC Split Ducted pada bagian indoor tidak menonjol. Hanya kelihatan kisi-kisi udara (grill).



AC Split Stand Floor bentuknya seperti lemari dan ditempatkan berdiri di lantai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel