-->

UNIT OUTDOOR AC SPLIT


Unit outdoor ac split pembuang pelepas panas, kompresor, kondensor, pipa kapiler, kapasitor, service valve, accumulator akumulator, fan kipas, ekspansi, overload.


Unit outdoor ac split dipasang di luar ruangan dan ditempatkan di ruang terbuka. Pada unit outdoor menghasilkan panas dari kompresor dan kondensor, oleh karena itu unit ini harus berada pada tempat yang sirkulasi udaranya lancar.

Secara umum kondensor ditempatkan di tempat yang tinggi. Ini bertujuan agar tidak mengganggu lalu lintas orang dan juga untuk menjaga agar lebih aman dari tangan manusia. Unit outdoor sebisa mungkin terhindar dari sumber panas lain seperti matahari. Hal ini dimaksudkan agar pertukaran panas dari kondensor tidak terganggu.

Unit outdoor terdapat beberapa komponen penting dari sistem AC split antara lain kompresor, kondensor, pipa kapiler, fan kondensor, dan kapasitor. Mari kita bahas bagian-bagian ini satu per satu.


1)  Kompresor

Kompresor yang digunakan untuk unit outdoor AC split umumnya tipe scroll atau spiral. Tetapi untuk unit AC yang besar ada yang menggunakan tipe torak. Pada kompresor terdapat akumulator (accumulator) yang menempel menjadi satu bagian dari kompresor AC split. Motor AC split yang menggunakan daya satu fasa merupakan jenis permanent capacitor motor.

2)  Kondensor

Kondensor yang digunakan pada sistem AC split merupakan kondensor dengan pendingin udara (air cooled condenser). Kondensor dilengkapi dengan sirip-sirip yang berfungsi untuk memperluas permukaan kondensor sehingga pertukaran panas akan semakin cepat.

3)  Pipa kapiler

Sistem AC split menggunakan pipa kapiler sebagai alat expansi. Karena diameter pipa kapiler sangat kecil, maka sebelum pipa kapiler ditambahkan filter guna menyaring kotoran yang ikut terbawa oleh refrigerant.

4)  Fan kondensor

Fan kondensor digunakan untuk mensirkulasikan udara di sekitar kondensor. Semakin cepat sirkulasi udara yang melewati kondensor, maka pertukaran panas dari kondensor ke udara akan semakin cepat pula. Kipas yang digunakan pada kondensor adalah tipe axial.

5)  Kapasitor

Kapasitor yang digunakan untuk unit outdoor ada dua macam. Kapasitor untuk kompresor umumnya menggunakan jenis kapasitor elektrolit (electrolyte capacitor) yang berbentuk tabung. Sedangkan kapasitor untuk fan kondensor menggunakan jenis kapasitor polyester (polyester capacitor) yang berbentuk kotak. Ukuran kapasitor berbeda-beda tergantung dari besar kecilnya AC yang digunakan.

6)  Overload Motor Protector


Overload ini ditempatkan dekat dengan terminal CSR kompresor dan ditutup dengan penutup yang terdapat pegas di dalamnya. Pegas ini berfungsi untuk menekan overload agar menempel kuat pada kompresor. Jenis overload yang digunakan untuk AC split berbentuk bulat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel