-->

UKURAN DAN CIRI KAPASITOR AC RUSAK

Tanda ciri kapasitor ac split rusak, ukuran, komponen, pcb modul, kompresor, fan kondensor, blower, bergetar, mendengung mati,

Kapasitor (capacitor) merupakan salah satu komponen kelistrikan AC rumah / AC Split yang berfungsi untuk membantu putara motor listrik. Pada unit indoor yaitu kapasitor blower yang terdapat pada PCB atau modul AC. Kali ini kita akan bahas ciri-ciri kerusakan kapasitor pada unit outdoor ac split.


Pada unit ourdoor terdapat dua buah kapasitor. Satu kapasitor untuk kipas/fan kondensor dan satu lagi untuk kompresor. Kapasitor fan condenser ukurannya antara 1,5 uF hingga 4 uF tergantung dari besar kecilnya motor fan condensornya. Sedangkan untuk kompresor, ukuran kapasitor tergantung dari AC yang digunakan apakah 0,5 PK, 1 PK, 1,5 PK, atau 2 PK bisa dilihat di tabel.

Kerusakan kapasitor bisa diakibatkan oleh faktor umur pakai atau dari faktor cacat produk. Kerusakan kapasitor bisa dilihat dari bentuk fisik kapasitor itu sendiri. Kapasitor yang rusak mempunyai ciri fisik yang menggembung, keluar minyak, dan pecah/meledak.


Berikut ciri kapasitor kompresor rusak setelah unit AC dihidupkan:

-       Pada saat unit outdoor hidup (kipas outdoor berputar), kompresor akan bergetar dan ada suara mendengung.
-    Sekitar tiga sampai lima detik kemudian, getaran dan dengungan kompresor akan berhenti.
-    Setelah ditunggu beberapa saat, kompresor akan bergetar dan mendengung seperti awal. Begitu seterusnya.

Berikut ciri kapasitor fan kondensor rusak setelah unit AC dihidupkan:

ü Pada saat unit outdoor hidup (kipas outdoor berputar dan kompresor bekerja), putaran kipas kondensor pelan.
ü Jika kerusakan sudah lumayan parah, fan kondensor tidak akan berputar sama sekali.

Jika kapasitor rusak dan dibiarkan saja, maka kompresor ataupun fan kondensor akan terbakar/rusak. Untuk memperbaikinya dapat menghubungi tempat servis yang berpengalaman. Tetapi kita bisa coba untuk memperbaiki sendiri dengan mengganti kapasitor dengan ukuran yang sama.



Terkadang kerusakan kapasitor tidak mempunyai ciri-ciri fisik. Dalam keadaan ini kita harus menggunakan alat ukur untuk kapasitor yaitu kapasitansi meter atau dapat menggunakan multimeter digital yang ada fasilitas pengukuran kapasitor. Jika menggunakan multimeter analog untuk mengukur kapasitor, kapasitas kapasitornya tidak dapat terlihat.


Semoga artikel Ukuran dan Ciri Kapasitor AC Rusak ini dapat bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel