-->

CARA MENGGUNAKAN REMOTE AC

Cara setting / menggunakan remote ac split, Remote control atau bisa disebut pengendali jarak jauh, sinar infra merah, symbol, fungsi, auto, cool, dry, heat, fan, mode, fan speed, auto direction, swing, louver.

Cara Setting/Menggunakan Remote AC;  Remote control atau bisa disebut pengendali jarak jauh dengan menggunakan sinar infra merah sebagai media komunikasinya. Kerja remot kontrol infra merah yaitu dengan memancarkan sinar infra merah melalui LED infra merah yang berisi kode. Kode ini akan diterima oleh perangkat yang dikontrol selanjutnya kode tersebut akan diproses.

Pada saat menggunakan remote AC, terdapat berapa tombol dan juga symbol. Jika tidak paham dalam menggunakan remote, AC bisa tidak dapat mendinginkan ruangan. Padahal sebenarnya kondisi AC masih normal, hanya saja ada kesalahan dalam menggunakan/setting remote. Ayo kita bahas fungsi symbol pada remote AC.



Tombol Mode
Pada tombol mode ini digunakan untuk memilih mode operasi AC. Jika tombol Mode ditekan, maka akan terpililh Auto – Cool – Dry – Heat – Fan dan akan kembali ke Auto lagi. Berikut penjelasan mengenai mode-mode ini.


Mode AUTO
Jika mode AUTO dipergunakan, unit AC akan membaca suhu ruangan kemudian membandingkan dengan setting suhu yang sudah ditetapkan. Pada saat suhu ruangan lebih tinggi 2oC dari setting suhu yang dikehendaki  selama 15 menit, maka unit AC akan bekerja mendinginkan ruangan. Tetapi pada saat suhu ruangan lebih rendah 2oC dari setting suhu yang dikehendaki selama 15 menit, maka unit AC akan menghangatkan ruangan. Jadi mode AUTO ini akan bekerja dengan normal jika terdapat pemanas pada unit AC. Untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, pemanas ruangan tidak diikut sertakan pada unit AC.


Mode Cool
Untuk menikmati udara dingin, pilihlah mode Cool. Pada saat mode Cool difungsikan, unit AC akan membaca suhu ruangan kemudian membandingkan dengan setting suhu yang diinginkan. Jika suhu ruangan 2oC lebih tinggi dari setting suhu, AC akan mendinginkan suhu ruangan. Jika suhu ruangan sudah dingin 2oC lebih rendah dari setting suhu, AC akan menghentikan operasi mendinginkan suhu ruangan.


Mode Dry
Jika mode Dry diaktifkan, unit AC bekerja mengeringkan ruangan. Yang dimaksud dengan mengeringkan disini adalah dengan menurunkan kelembaban udara. Suhu ruangan mungkin akan lebih dingin dari yang kita inginkan. Dengan menggunakan mode Dry ini, setting suhu sudah ditentukan dari pabrikan. Kita tidak dapat mengatur suhu ruangan yang diharapkan.


Mode Heat
Mode Heat ini dipergunakan jika kita ingin menikmati hembusan udara hangat. Tentu saja mode Heat akan bekerja jika terdapat unit pemanas pada AC. Tetapi unit AC yang dibuat di Indonesia, pemanas pada unit AC tidak diikut sertakan. Karena unit AC yang dibuat di Indonesia hanya untuk mendinginkan ruangan.


Mode Fan
Jika mode Fan diaktifkan, maka unit AC hanya akan mengembuskan udara saja tanpa ada pendinginan ataupun menghangatkan udara ruang. Penggunaannya hanya seperti kipas angin. Udara masuk ke unit indoor AC melewati filter kemudian dihembuskan keluar.

Selain tombol mode, terdapat beberapa symbol lagi antara lain:


Fan Speed
Symbol untuk kecepatan hebusan udara. Kecepatan udara biasanya ada tiga atau empat pilihan mulai dari pelan – sedang – cepat – sangat cepat.


Auto Direction
Symbol ini untuk pengarah hembusan udara yang bergerak keatas dan kebawah secara otomatis.


Direction
Symbol ini untuk pengarah hembusan udara secara tetap baik itu ke bawah, tengah, atau ke atas saja.

Sekian penjelasan dingkat tentang penggunaan remote AC. Masih ada tombol atau symbol lainnya yang belum sempat untuk dibahas. Tetapi secara pokok sudah dijelaskan di atas.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel