-->

MENYALAKAN AC TANPA REMOTE

Cara menghidupan menyalakan mematikan ac tanpa remote, tombol on off ac manual, letak tombol
Cara Menghidupkan/Menyalakan AC Tanpa Remote, Tombol On/Off AC Manual;  Penggunaan remote control pada peralatan listrik sangat membantu. Hanya dengan duduk manis sambil mengarahkan remote control dan menekan tombol sesuai yang diinginkan. Kita tidak perlu datang mendekat ke perangkat untuk menghidupkan, mematikan, ataupun mengubah settingan. Apalagi jika peralatan listrik yang digunakan adalah AC split yang posisinya tinggi.

Tetapi terkadang kita lupa dimana meletakkan remot atau remot diambil untuk mainan anak. Kemudian bagaimana jika remote control tidak ada dan kita ingin menghidupkan unit AC di ruangan? Sebenarnya unit AC split yang ada di rumah itu sudah dilengkapi dengan tombol manual untuk menghidupkan dan mematikan. Tetapi untuk setting suhu yang kita inginkan tidak bisa dilakukan lewat tombol ini.

Dimanakah tombol untuk menghidupkan dan mematikan unit AC secara manual? Tombol ini memang tidak terlihat dari luar. Tombol ini bisa kita lihat jika kita membuka penutup unit indoor. Sekarang coba kita cari dimana letak tombol ini.

Carilah tangga atau kursi untuk membantu kita menjangkau unit indoor AC.
Buka penutup indoor AC dengan menariknya pada sisi kanan dan kiri AC.



Setelah terbuka, periksa bagian modul/PCB. Letaknya ada di sebelah kanan.
Cari tombol untuk menghidupkan. Tombol ini terkadang berada di dalam dan hanya ada lobang saja. Untuk menekannya diperlukan obeng kecil atau benda lain yang agak panjang dan bisa masuk ke lobang.




Jika AC tidak hidup dan tombol ditekan, maka AC akan hidup. Jika AC sudah hidup dan tombol ditekan, maka AC akan mati. Untuk mematikan unit AC, terkadang ada yang harus menekan tombol dan ditahan agak lama skitar dua sampai tiga detik. Hal ini untuk menjaga unit AC agar tidak mati jika tombol tidak sengaja tertekan.


Untuk unit AC yang sudah pernah ganti modul/PCB dan menggantinya dengan modul universal (untuk semua merk), terkadang tidak dilengkapi dengan tombol On/Off.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel