-->

RICE COOKER RUSAK, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI

Kerusakan rice cooker magic jar, nasi tidak matang, menjadi kuning, kering, barair, cepat basi, thermostat, pembatas suhu, temperatur liiter, elemen pemanas,
Penanak nasi (rice cooker) merupakan peralatan rumah tangga yang sangat membantu ibu-ibu dalam hal memasak nasi. Penggunaan yang praktis dan mudah membuat alat ini sangat diminati. Rice cooker mempunyai komponen kelistrikan yang sedikit. Hal ini akan sangat mudah pada saat servis, komponennya tidak banyak yang di cek. Mari kita bahas kerusakan yang sering terjadi pada rice cooker.

Nasi Menjadi Kuning dan Bau
Jika kita mananak nasi menggunakan rice cooker kemudian setelah nasi matang, beberapa jam kemudian nasi menjadi kuning dan bau. Nasi yang kuning dan bau juga bisa disebabkan dari jenis beras yang kita masak, tetapi jika berasnya bagus bisa dipastikan rice cooker bermasalah.

Nasi menjadi kuning dan bau dikarenakan rice cooker terlalu panas. Nasi yang sudah matang jika diberi panas yang berlebih dalam waktu cukup lama akan berubah warna menjadi kuning. Sebenarnya panas rice cooker sudah dibatasi oleh thermostat. Thermostat ini bekerja pada saat warming (menghangatkan) nasi yang dibatasi antara 65oC hingga 80oC. Tetapi karena factor usia pakai, thermostat ini bisa berubah batasannya sehingga panasnya bisa berlebih. Jika nasi menjadi kuning dan bau, coba ganti thermostat dengan ukuran yang sama.

Nasi Tidak Matang atau Malah Gosong
Nasi yang dimasak di rice cooker tidak akan permah matang dengan sempurna jika otomatisnya atau yang disebut temperature limiter (pembatas suhu) rusak. Nasi tidak akan matang karena sebelum suhu penanakan nasi tercapai, temperature limiter ini sudah melepaskan kontak pada mikro switch. Sehingga elemen pemanas untuk menanak nasi tidak akan teraliri arus listrik.


Lain halnya jika temperature limiter ini kerusakannya malah tidak dapat memutuskan kontak mikro switch sedangkan nasi sudah matang. Nasi akan dipanaskan terus hingga gosong.

Nasi Berair dan Cepat Basi
Nasi berair dan cepat basi dikarenakan elemen pemanas bagian atas (penutup) tidak panas. Sesuai hukum fisika, jika uap air bertemu dengan benda yang lebih dingin maka akan terjadi pengembunan. Hal ini juga sama pada rice cooker yang menghasilkan uap panas dan bertemu dengan penutup yang suhunya lebih rendah. Uap air itu akan mengembun dan menetes kembali ke dalam. Air inilah yang membuat nasi terlihat seperti basi.


Semoga artikel ini bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

5 Responses to "RICE COOKER RUSAK, PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Makasih banyak pak ilmunya, sudah share. Izin mengaplikasikan.

    BalasHapus
  2. Mau tanya Pak, ada rice cooker nasi cepat basi tapi setelah saya bongkar pada penutup memang tidak ada elemen pemanasnya, kira2 apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen pemanas pada tutup rice cooker pasti ada. Jika pemanas tidak ada atau tidak bekerja, maka uap air dari nasi akan mengembun dan membuat nasi cepat basi

      Hapus
  3. Saya sudah ganti thermostatg switch baru tapi rice cooker tetap jeglek ke warm sebelum matang, itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaknya nasi yang dimasak juga berpengaruh. Jika nasi yang dimasak banyak, maka panas yang dihasilkan akan lebih tinggi. Ini akan menyebabkan Thermostat sudah pindah ke mode Warm

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel