-->

CARA PUMP DOWN AC SPLIT

Teknik cara pump down ac split adalah suatu proses untuk menyimpan refrigerant ke dalam unit outdoor, menggunakan memasang selang manifold, membongkar ac split, servis valve,
Pump down AC split adalah suatu proses untuk menyimpan refrigerant ke dalam unit outdoor. Proses pump down dilakukan pada saat akan membongkar unit AC atau memindahkan unit AC split. Dengan melakukan proses pump down, maka refrigerant tidak akan terbuang walaupun unit AC dibongkar. Sehingga pada saat akan dipasang lagi tidak perlu ada pengisian refrigerant, kalaupun ada hanya sedikit penambahan. Proses pump down juga untuk mengurangi terbuangnya refrigerant ke udara sehingga dampak kerusakan lingkungan akan dapat dikurangi.


Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, bahwa proses pump down adalah menyimpan refrigerant pada unit outdoor. Di dalam unit outdoor sendiri terdapat beberapa komponen yaitu kompresor, kondensor, filter (beberapa unit AC ada yang tidak dilengkapi komponen ini), dan pipa kapiler. Untuk memisahkan udara luar dengan pemipaan di dalam, unit outdoor dilengkapi dengan dua buah kran (valve).

Satu kran terdapat sebelum kompresor (3-way valve) yang mempunyai tiga buah saluran. Saluran pertama mengarah ke evaporator, saluran kedua mengarah ke kompresor, dan saluran ketiga adalah untuk proses pengisian refrigerant. Kran ini (3-way valve) juga disebut katup servis(service valve) karena adanya saluran untuk proses servis. Satu kran lagi berada setelah pipa kapiler (2-way valve) yang mempunyai dua saluran. Saluran pertama mengarah ke pipa kapiler, dan saluran kedua mengarah ke evaporator.

Secara prinsip, proses pump down dilakukan dengan menutup saluran keluar dari unit outdoor (2-way valve), menunggu sesaat agar refrigerant yang terdapat di evaporator tersedot, kemudian menutup saluran masuk ke unit outdoor (3-way valve). Dengan begitu, refrigerant akan dimampatkan ke dalam unit outdoor. Proses pump down dapat dilakukan jika kompresor dalam keadaan hidup (bekerja). Disini akan dijelaskan proses pump down dengan menggunakan manifold (analyzer) dan tanpa manifold.

Pump down menggunakan manifold
1.  Nyalakan unit AC split dan tunggu hingga unit outdoor bekerja.
2.  Buka kedua penutup kran (2-way dan 3-way valve). Kemudian siapkan kunci L yang sesuai.



3.  Setelah unit outdoor bekerja, pasang selang manifold tekanan rendah (warna biru) ke saluran servis (3-way valve). Jangan memasang selang manifold pada saat komporesor tidak bekerja, karena tekanan pada saluran servis akan sangat tinggi.
4.  Tutup kran 2-way menggunakan kunci L. Putar ke arah kanan hingga keras (tertutup rapat).



5.  Lihatlah jarum manifold akan turun sambil menyiapkan kunci L.
6.  Setelah jarum menunjuk ke vakum, tutup kran 3-way dengan kunci L. Putar ke arah kanan hingga keras (tertutup rapat).
7.  Setelah tertutup rapat, segera matikan unit AC split.
8.  Proses pump down selesai. Unit AC split bisa dibongkar.

Kelebihan proses ini adalah terlihatnya tekanan pada kran 3-way sehingga waktu menutupnya lebih tepat. Kekurangannya adalah perlu peralatan tambahan manifold.

Pump down tanpa manifold
1.  Nyalakan unit AC split dan tunggu hingga unit outdoor bekerja.
2.  Buka kedua penutup kran (2-way dan 3-way valve). Kemudian siapkan kunci L yang sesuai.
3.  Setelah unit outdoor bekerja, tutup kran 2-way menggunakan kunci L. Putar ke arah kanan hingga keras (tertutup rapat).
4.  Rasakan udara yang keluar dari kondensor. Jika sudah tidak terasa hangat kemudian tutup kran 3-way menggunakan kunci L. Putar ke arah kanan hingga keras (tertutup rapat).
5.  Setelah tertutup rapat, segera matikan unit AC split.
6.  Proses pump down selesai. Unit AC split bisa dibongkar.

Harap diperhatikan pada saat melakukan pump down tanpa menggunakan manifold. Penutup saluran servis (3-way valve) harus terpasang dengan rapat. Jika pada saat proses pump down penutup ini tidak terpasang atau masih longgar, udara luar akan tersedot ke dalam unit outdoor pada saat tekanan pada kran 3-way sudah vakum.

Kelebihan tanpa menggunakan manifold adalah tidak perlu tambahan peralatan (manifold). Kekurangannya adalah perlu pengalaman yang cukup untuk mengetahui saat penutupan kran 3-way.

Sekian artikel tentang cara melakukan pump down AC split. Semoga dapat memberi manfaat.


“Walaupun orang berkedudukan rendah, jika berakhlak mulia, kaya ilmu keluhuran, dan tauladan yang baik, itu pantas engkau dekati agar budi pekertimu lebih kaya"

1 Response to "CARA PUMP DOWN AC SPLIT"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel