-->

SENSOR


Definisi, Jenis,  Macam Sensor;  Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan listrik atau arus listrik. Sensor banyak digunakan untuk pendeteksian pada saat melakukan pengukuran atau pengendalian. Beberapa jenis sensor yang digunakan dalam rangkaian elektronik antara lain sensor cahaya, sensor suhu, dan sensor tekanan.


Sensor Cahaya
1. Fotovoltaic atau sel solar
Disebut juga sel surya adalah alat sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik. Sel surya silikon yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika ada cahaya yang mengenai lapisan transparan P akan menyebabkan gerakan elektron antara bagian P dan N, jadi menghasilkan tegangan DC yang kecil sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.


2. Fotokonduktif
Cahaya yang jatuh pada sel fotokonduktif akan menyebabkan perubahan tahanan sel. Apabila permukaan alat ini tidak terkena cahaya (gelap) maka tahanan alat menjadi tinggi. Ketika permukaan terkena cahaya (terang) maka tahanannya akan turun (rendah).


Sensor Suhu/Temperatur
Ada 4 jenis utama sensor suhu/temperatur yang biasa digunakan :
1. Thermocouple
Thermocouple pada intinya terdiri dari sepasang penghantar yang berbeda disambung las dilebur bersama satu sisi membentuk “hot” atau sambungan pengukuran yang ada ujung-ujung bebasnya untuk hubungan dengan sambungan referensi. Perbedaan suhu antara sambungan pengukuran dengan sambungan referensi harus terlihat sehingga berfungsi sebagai thermocouple.


2. Detektor Suhu Tahanan
Prinsip utama dari yang mendasari pengukuran suhu dengan detektor suhu tahanan (resistant temperature detector = RTD) adalah tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan perubahan suhu. Bahan yang sering digunakan untuk RTD adalah platina karena kelinearan, stabilitas, dan reproduksibilitasnya dapat dihandalkan.


 3. Thermistor
Thermistor adalah resistor yang peka terhadap panas yang diterimanya. Thermistor terdapat dua macam yaitu NTC (Negative Temperature Coefficient) dan PTC (Positive Temperature Coefficient). NTC adalah resistor yang tahanannya berbanding terbalik dengan suhu yang diterimanya. Sedangkan PTC adalah resistor yang tahannya sebanding dengan suhu yang diterimanya.


 4. Sensor Suhu Rangkaian Terpadu (IC)
Sensor suhu dengan IC ini menggunakan chip silikon untuk alat yang digunakan untuk mendeteksi suhu. Untuk mengetahui secara detail sensor ini, harus melihat datasheetnya.


 Sensor Tekanan
1. Sensor Tekanan Berat
Prinsip kerja dari sensor tekanan berat ini adalah mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Ukuran ketegangan didasarkan pada prinsip bahwa tahanan pengantar berubah sesuai dengan perubahan panjang dan luas penampang. Daya yang diterima oleh kawat menyebabkan kawat bengkok sehingga menyebabkan ukuran kawat berubah dan mengubah tahanannya.


 2. Sensor Tekanan Fluida/Udara
Sensor ini menggunakan kapasitif silikon untuk aplikasi pengukuran tekanan. Sensor ini dirancang khusus untuk pengukuran tekanan udara dengan output yang akurat dan stabil.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel