-->

Cara Memasang Fitting Lampu

 

Dalam meletakkan sebuah lampu, kita harus memastikan bahwa tempat lampu atau dudukan sudah pada posisi yang benar. Untuk memastikan keadaan tersebut, kita harus menggunakan fitting. Fitting lampu adalah sebuah komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai dudukan atau tempat meletakkan lampu. Jenis Fitting Lampu juga bermacam-macam sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Pemasangan fitting tidaklah terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pekerjaan kelistrikan terutama listrik tegangan tinggi.

1. Matikan sumber listrik (MCB) rumah jika memungkinkan.

2. Jika tidak memungkinkan untuk mematikan MCB, pastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir ke rangkaian kabel yang akan dikerjakan.

3. Cek aliran arus listrik menggunakan Tespen. Pastikan dahulu apakah tespen yang digunakan benar-benar dalam kondisi baik.

4. Usahakan untuk mencari teman untuk membantu ataupun hanya untuk mengawasi pekerjaan.

Dalam melakukan pemasangan fitting lampu, ada hal yang harus diperhatikan antara lain:

Tempat aman. Yaitu tempat dimana fitting lampu akan ditempatkan harus bebas dari bahan yang dapat menghantarkan listrik atau pada tempat yang tidak mudah terkena gangguan seperti mudah dijangkau anak-anak, mudah tersenggol orang lewat, atau lainnya.

Jalur Fasa dan Netral Fitting Lampu

Polaritas tidak terbalik. Yang dimaksud dengan polaritas disini adalah posisi jalur fasa dan jalur netral  pada listrik satu phasa tidak terbalik. Jalur fasa harus di sambungkan ke bagian lidah fitting yaitu bagian konektor fitting yang ada di bagian dalam. Sedangkah jalur netral harus disambungkan ke bagian konektor fitting sebelah luar.

Penempatan jalur fasa dan netral pada sebuah fitting lampu perlu diperhatikan karena ini menyangkut dengan keamanan. Jalur fasa ditempatkan pada bagian lidah atau bagian dalam fitting dengan tujuan agar tidak mudah tersentuh oleh tangan/jari. Jika jalur fasa dipasang pada bagian luar, bagian ini mudah tersentuh oleh tangan/jari. Terutama pada saat memasang atau melepas lampu. Secara tidak sengaja, jari bisa saja menempel pada bagian ulir lampu yang masih terhubung dengan jalur listrik. Ini bisa mengakibatkan kita tersengat arus listrik.

Jalur Fasa dan Netral Fitting Lampu

Pemasangan fitting lampu pada plafon menggunakan jenis fitting tempel sehingga lebih rapi. Agar lebih menarik, carilah Jenis Fitting dengan ornamen yang dapat menjadi hiasan ruangan. Dengan demikian, fitting lampu tidak hanya berfungsi sebagai dudukan lampu tetapi juga sebagai bagian dari penghias ruangan.

Jalur Fasa dan Netral Fitting Lampu

Pemasangan fiting lampu gantung juga mempunyai peraturan yang sama dalam menempatkan jalur fasa dan netralnya.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel