-->

DEFINISI DEFROST TIMER REFRIGERATOR, CARA KERJA DEFROST TIMER KULKAS


Defrost timer adalah sebuah peralatan listrik yang digunakan sebagai pewaktu saat mencairkan es di evaporator. Defrost timer digunakan pada lemari es No Frost untuk mengontrol pencairan es di evaporator. Pada lemari es modern, defrost timer yang digunakan berbentuk rangkaian solid state atau sebuah rangkaian yang terintegrasi dengan pewaktu digital. Sedangkan defrost timer pada lemari es lama menggunakan timer yang bekerja secara mekanik yang digerakkan oleh motor listrik. Pada artikel ini akan dibahas tentang defrost timer model lama yaitu yang menggunakan kontrol mekanik.



Defrost timer dirancang oleh pabrikan untuk menentukan waktu pencairan es di evaporator dengan interval waktu tertentu. Waktu ini sudah ditetapkan oleh pembuat sehingga tidak dapat diubah oleh pengguna. Interval waktu pencairan ini akan berulang dalam 6 jam, 8 jam, 10 jam, atau 12 jam. Waktu ini akan terus berjalan selama lemari es terhubung dengan sumber tegangan. Pada beberapa defrost timer, interval waktu pencairan ini dituliskan pada badan defrost timer.

Defrost timer tidak hanya mengendalikan elemen pemanas untuk mencairkan es, tetapi juga mengendalikan motor kompresor. Dengan menggunakan defrost timer, kompresor dijaga dalam keadaan tidak hidup pada saat proses defrost berlangsung. Ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses defrost, karena jika pada saat proses defrost berlangsung dan kompresor tetap hidup maka kerja elemen pemanas dengan proses pendinginan akan berkebalikan. Elemen pemanas memanaskan evaporator sedangkan kompresor hidup untuk mendinginkan evaporator. Hal ini merupakan pemborosan energi dan keadaan yang harus dihindari. Disinilah fungsi dari defrost timer yang menjaga kompresor dan elemen pemanas tidak hidup bersamaan.


Konektor 1 dihubungkan ke sumber tegangan (phasa).
Konektor 2 dihubungkan ke elemen pemanas (defrost heater). 
Konektor 3 dihubungkan paralel dengan defrost thermostat.
Konektor 4 dihubungkan ke kompresor. 

Proses defrost dapat dipercepat tanpa menunggu siklus defrost. Cara melakukannya yaitu dengan memutar bagian tombol dengan searah jarum jam hingga terdengar suara klik. Suara klik pertama akan mematikan kompresor dan proses defrost dimulai, suara klik kedua akan menghentikan proses defrost dan kompresor akan hidup lagi. Pada instalasi unit lemari es, defrost timer ini tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dengan Defrost Thermostat.


Motor listrik pada defrost timer dihubungkan seri dengan kapasitor untuk mengurangi aliran arus listrik. Kerusakan pada defrost timer pada umumnya adalah kerusakan pada motor listriknya atau pada kapasitor. Kerusakan pada motor defrost timer dapat diganti motornya saja, tetapi alangkah baiknya jika diganti seluruhnya karena mungkin juga roda gigi di dalam defrost timer juga sudah mulai aus. Rusaknya defrost timer akan berpengaruh pada proses defrost dan juga proses pendinginan lemari es.

“Sebaik-Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Sesama”


2 Responses to "DEFINISI DEFROST TIMER REFRIGERATOR, CARA KERJA DEFROST TIMER KULKAS"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Saya mau nanya,kenapa kulkas pada saat pencairan bunga es,,heater nya tidak mau putus,sehingga mengakibatkan panas yang berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan Defrost Thermostat bermasalah. Defrost thermostat akan terhubung jika suhu dingin, sehingga pada proses defrost terdapat aliran listrik ke heater. Sedangkan pada suhu yang lebih tinggi (es sudah mencair), defrost thermostat tidak terhubung sehingga aliran listrik ke heater akan terputus dan heater akan berhenti bekerja walaupun waktu defrost belum selesai

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel