-->

DEFROST THERMOSTAT / TERMINATOR, FUNGSI DAN CARA KERJA


Defrost themostat mempunyai nama lain Thermo-diisk, Defrost Control, Defrost Terminator, Defrost Terminator Switch, Defrost Terminator Thermostat, Defrost Cut-Off, atau juga dinamakan DF Thermo. Defrost thermostat memiliki bentuk seperti selinder dengan diameter 26 mm dan ada juga yang berbentuk persegi. Pada bagian dalam defrost thermostat terdapat kontak listrik dengan bimetal, sehingga kontak listrik dapat membuka dan menutup sesuai dengan suhu lingkungan. Kontak listrik pada defrost thermostat berfungsi untuk memutus dan mengalirkan arus listrik ke elemen pemanas (heater) di evaporator.



Bimetal defrost thermostat akan membuka jika suhu evaporator tinggi dan akan menutup jika suhu evaporator rendah. Tingkat suhu untuk menutup dan membuka kontak listrik dari tiap defrost thermostat berbeda-beda tergantung dari pabrikan pembuatnya sehingga kita tidak bisa mengaturnya.  Defrost themostat harus ditempatkan pada bagian yang paling dingin dari evaporator  agar dapat dipastikan waktu kontak membuka saat es pada evaporator sudah mencair semua. Suhu pada evaporator sangat mempengaruhi kerja dari defrost thermostat, maka penempatan defrost thermostat sangat besar pengaruhnya.


Cara Kerja Defrost Thermostat
Pada saat sebuah lemari es dalam proses pendinginan, suhu pada evaporator akan sangat dingin sehingga menyebabkan kontak pada defrost thermostat menutup (terhubung). Selama lemari es masih terhubung dengan sumber listrik, maka defrost timer akan selalu bekerja (berputar). Jika pada putaran Defrost Timer ini sampai pada saat proses defrost. Kontak pada defrost timer akan berubah dari jalur kompresor ke jalur heater. Perpindahan akan memanaskan elemen pemanas (heater) yang terdapat pada evaporator sehingga suhu evaporator perlahan-lahan akan naik. Dengan naiknya suhu pada evaporator ini menyebabkan gumpalan es atau bunga es yang terdapat pada evaporator akan mencair. Jika suhu pada evaporator sudah cukup untuk tinggi mencairkan seluruh es, kontak pada defrost thermostat akan terbuka dan proses defrost telah selesai.

Perpindahan kontak defrost timer pada saat proses defrost akan mematikan fan evaporator sehingga pada saat heater hidup, panas yang ditimbulkan tidak akan masuk ke ruang freezer. Ini untuk melindungin agar es atau makanan beku yang terdapat pada ruang freezer tidak ikut mencair.

Selama proses defrost berlangsung, motor pada defrost timer tidak bekerja (berhenti). Jadi lama waktu defrost bukan diatur oleh defrost timer lagi melainkan ditentukan oleh defrost thermostat. Motor listrik pada defrost timer akan bekerja lagi pada saat kontak defrost thermostat membuka, yaitu pada saat suhu evaporator tinggi. Pada saat awal motor listrik bekerja, kontak pada defrost timer belum berpindah posisi (tetap pada proses defrost) tetapi heater sudah tidak teraliri oleh arus listrik. Setelah beberapat saat, kontak defrost timer akan berpindah ke posisi pendinginan (cooling).

Kerja defrost timer dan defrost heater saling mempengaruhi, jika salah satu komponen bermasalah maka akan berakibat terganggunya proses pendinginan atau proses defrost pada lemari es.

Sekian artikel tentang Defrost Thermostat. Semoga dapat bermanfaat.

“Hargailah Hidup Orang Lain Jika Ingin Hidup Kita Dihargai Oleh Orang Lain”

9 Responses to "DEFROST THERMOSTAT / TERMINATOR, FUNGSI DAN CARA KERJA"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Apakah sering memindahkan kulkas itu bisa berpengaruh membuat kulkas menjadi tidak dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada masalah. Yang penting saat membawa pada posisi berdiri. Dan juga tempat menaruh kulkas dikasih jarak dari samping dan belakang/tembok

      Hapus
  2. Maaf MB as kulkas Sharp 2 pintu pan jlan kompresor panas,,pinggir kanan kiri kulkas tidak panas,,yg jadi msalah kulkas bagian bawah maupun atas tidak dingin sama sekali.trimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kompresornya tidak bekerja. Bisa jadi waktu mau start tidak bisa

      Hapus
    2. Maaf kulkas saya bagian atas dingin akan tetapi. Bagian bawah tdk dingin. Setelah saya bongkar bagian atas. Ternyata bnyak salju es.. Yg menyumbat ke bagian bawah..sehinggga menggakibatkan bagian bawah tdk dingin.. Apakah itu di sebabkan oleh defros yg tdk berpungsi apa gmna.. Awal mula nya kulkas saya mati total cuma lampu saja yg menyala.. Ketika saya panggil tukang servis. Tukang servis hanya memutar bagian timer nya saja. Kemudian hidup kembali.. Yg jadi pertanyaan saya.. Sblm kulkas saya mati bunyi kompresor lumayan keras terdengan akan tetapi tdk lama bunyi tsb..sekitaran 15/20menit mati kembali kompresor tab..dri awal baru beli.. Seperti itu. Akan tetapi setelah tukang servis tsb memutar timer kulkas yg sblm nya mati.. Suara kompresor lebih halus terdengar.. Akan tetapi bunyi nya lama kisaran 5s/d6 jam kompresor baru mati.

      Hapus
    3. Kemungkinan kerusakan pada Defrost Timer, Defrost Heater, dan juga Defrost Thermostat

      Hapus
  3. Maaf mba atau mas sy mau bertanya klu kulkas 2 pintu yang non salju kok bisa bersalju ya dan bawah nya pun tidak dingin itu kendala nya apa ya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bagian atas dingin tetapi bagian bawah tidak dingin itu karena kipas pada bagian atas mati

      Hapus
  4. Jika kulkas 2 pintu setelah beberapa jam kompresor mati setelah itu tidak mau hidup itu yg rusak apanya ya?(kulkas Toshiba glacio 2 pintu)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel