-->

HEPA FILTER AIR CONDITIONING


Kebersihan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam setiap hal, tidak peduli apapun sukunya, agamanya, bangsanya. Kebersihan diperlukan untuk kenyamanan hidup dan menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan. Ruangan yang terlihat bersih, rapi, dan tanpa kotoran belum tentu benar-benar bebas dari partikel yang tidak tampak oleh mata. Partikel yang tidak tampak ini bagi kebanyakan orang tidak dipermasalahkan karena memang secara kasat mata tidak berpengaruh terhadap kesehatan. Jika diteliti dengan seksama justru karena partikel yang tidak tampak mata ini banyak penyakit yang dapat ditimbulkan jika partikel ini masuk ke tubuh manusia.

Dengan berkembangnya teknologi, pada saat ini sudah terdapat filter udara dengan keteltitian sangat tinggi yang dapat menyaring udara hingga tingkat partikel sehingga udara yang dihasilkan menjadi udara yang higienis. Salah satunya yaitu penggunaan teknologi HEPA filter yang sudah banyak diaplikasikan ke berbagai bidang terutama pada bidang pendingin dan tata udara. HEPA filter juga banyak digunakan pada peralatan vacuum cleaner modern.




HEPA filter merupakan salah satu komponen dalam sebuah sistem Air Handling Unit (AHU) atau HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning). HEPA adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air yaitu jenis filter yang dibuat untuk tujuan khusus, diuji dan disertifikasi penggunaannya sesuai dengan standar Institute of Environmental Sciences and Technology (IEST). Kinerja dan sertifikasi dari HEPA filter dipublikasikan dengan kode IEST RP-CC001.3.

HEPA filter merupakan teknologi dalam sistem penyaringan udara yang dapat menyaring hingga tingkat partikel yang tidak tampak mata. Dengan menggunakan teknologi HEPA filter ini udara yang dihasilkan akan terbebas dari semua partikel sehingga aman digunakan pada ruang produksi farmasi, ruang operasi di rumah sakit (clean room), industri nuklir dengan penggunakan zat radioaktif yang mudah terbang, atau pada ruang produksi lainnya yang harus terbebas dari kontaminasi kotoran hingga tingkat partikel. Produk HEPA filter yang asli dapat menyaring hingga 99% partikel dengan ukuran 0,3 mikron, oleh karena itu mempunyai harga yang mahal. Penggunaan HEPA filter dengan kualitas yang lebih rendah dapat menyaring 85% hingga 90% partikel berukuran 1 mikron.

Penggunaan HEPA filter harus selalu dipantau untuk memastikan komponen ini masih berfungsi maksimal. Jika HEPA filter rusak/bocor maka ruang produksi akan terdapat kontaminasi partikel liar yang dapat mengganggu proses produksi. Pemantauan HEPA filter meliputi keadaan fisik, visual, pemantauan beda tekanan udara antara sebelum dan sesudah melewati HEPA filter. Penggunaan HEPA filter dapat memberikan tahanan terhadap udara yang melewatinya, tetapi jika tahanan ini sudah melebihi batas dari yang ditentukan pembuat filter (pabrikan), bisa dipastikan HEPA filter sudah kotor dan perlu diganti.


HEPA filter tidak digunakan sebagai filter tunggal dari sebuah sistem AHU. Perlu adanya pre filter yaitu penggunaan filter sebelum masuk ke HEPA filter. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang berukuran besar dapat tersaring dulu dan tidak sampai pada HEPA filter. Jika kotoran dengan ukuran yang besar langsung masuk ke HEPA filter akan menyebabkan HEPA filter cepat kotor/tersumbat. Dengan demikian umur pakai dari HEPA filter akan semakin singkat karena harus ada penggantian. Dengan lebih seringnya dilakukan penggantian maka akan ada biaya yang lebih besar untuk pengadaan/pembelian HEPA filter dan juga untuk jasa pemasangannya. Pada beberapa sistem AHU dapat menggunakan filter udara satu tingkat atau lebih sebelum masuk HEPA filter.

Sebuah sistem AHU yang menggunakan HEPA filter harus memakai pompa udara sendiri untuk mengatasi penurunan tekanan udara setelah filter. Pompa udara ini dikenal dengan istilah HEPA fan yang dapat dipasang secara vertikal maupun horizontal. Pada produk tertentu HEPA fan dikemas menjadi satu dengan HEPA filter yang disebut dengan HEPA fan/filter unit sehingga pemasangan akan lebih praktis.

Pada kondisi ruang tertentu yang mengharuskan adanya penyaringan udara lebih bagus lagi dapat menggunakan ULPA filter. ULPA singkatan dari Ultra-Low Penetration Air yaitu filter udara yang dapat menyaring udara tingkat partikel hingga ukuran 0,12 mikron. ULPA mempunyai daya saring yang lebih baik dari HEPA yang hanya dapat menyaring partikel udara berukuran 0,3 mikron. Tetapi penggunaan ULPA filter memerlukan biaya lebih karena mempunyai harga yang lebih mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel