-->

CARA MENGATUR / SETTING THERMOSTAT REFRIGERATOR


Thermostat pada kulkas merupakan alat untuk mengontrol suhu udara di dalam ruang kulkas. Suhu pada kulkas dapat diatur untuk menentukan seberapa dingin suhu yang kita inginkan. Pengaturan ini dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan tiga cara:


1.  Mengatur dari tombol putar
Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan bagi pemilik kulkas dan memang sudah dari produsen sudah dilengkapi dengan fasilitas ini. Pada umumnya kulkas/rafrigerator untuk rumah tangga bekerja pada suhu 2oC hingga 7oC pada bagian tempat penyimpanan makanan. Suhu di dalam kulkas dapat diatur dengan memutar tombol pengatur suhu pada thermostat. Jika diputar searah jarum jam (kekanan) maka settingan suhu akan semakin dingin, sebaliknya jika diputar berlawanan arah jarum jam (kekiri) maka akan lebih hangat.


Thermostat dapat digunakan untuk menghentikan kerja kompresor dengan cara memutar tombol pengatur berlawanan arah jarum jam hingga ke posisi OFF. Pada kondisi ini, kompresor akan berhenti secara permanen sehingga walaupun suhu di dalam kulkas sudah tidak dingin lagi, kompresor tetap tidak akan bekerja. Hal ini dikarenakan kontak pada thermostat dipaksa untuk terbuka.

Simbol tingkat kedinginan dari setiap kulkas berbeda-beda. Ada yang menggunakan angka 1, 2, 3, 4, ada yang menggunakan tulisan WARM dan COOL, ada yang menggunakan LOW dan HIGH. Perbedaan tersebut hanyalah simbol saja sedangkan sistem pengaturan tetaplah sama.

2.  Mengatur dari range batas suhu
Pengaturan batas range ini harus melepas pengatur suhu (thermostat) karena letaknya berada pada bagian dalam. Cara ini diperuntukkan hanya bagi tenaga profesional saja. Bagi masyarakat umum harus berhati-hati jika ingin melakukan pengaturan batas range. Pengaturan batas range ini dilakukan dengan cara memutar baut range.


Jika baut batas range diputar searah jarum jam (kekanan), maka suhu yang dihasilkan akan semakin hangat (tinggi). Sebaliknya jika baut batas range diputar berlawanan arah jarum jam (kekiri), maka suhu yang dihasilkan akan semakin dingin (rendah).

Memutar baut batas range ini sebaiknya paling banyak setengah putaran kemudian ditunggu hasilnya. Jika suhu belum sesuai dengan yang dinginkan maka putar kembali baut batas range kemudian di tunggu lagi. Ulangi langkahnya hingga suhu yang diinginkan tercapai.

3.  Mengatur dari diffensial (perbedaan) cut in dan cut out
Differensial adalah perbedaan antara suhu cut in (kontak menutup) dengan suhu cut out (kontak membuka). Cut in atau cut on merupakan kondisi kontak thremostat menutup yang menyebabkan kompresor bekerja. Sedangkan cut out atau cut off yaitu kondisi dimana kontak thermostat membuka yang menyebabkan kompresor berhenti bekerja.


Mengatur differansial yaitu dengan memutar baut differansial pada thermostat. Jika baut differansial diputar searah jarum jam (kekanan) akan menyebabkan differensial semakin kecil. Sedangkan jika baut diputar berlawanan arah jarum jam (kekiri) akan menyebabkan differensial semakin besar. Pada saat mengatur differensial, putar baut sebanyak ¼ putaran saja kemudian tunggu hasilnya. Jika hasilnya belum sesuai kemudian putar lagi ¼ putaran dan tunggu lagi.

Perbedaan antara cut in dengan cut out ini adalah waktu tunggu antara kompresor bekerja dengan waktu kompresor berhenti sehingga dengan mengatur differensial akan menyebabkan perubahan waktu tunggu kompresor. Waktu tunggu ini digunakan sebagai waktu istirahat bagi kompresor untuk mendinginkan suhu kompresor. Pengaturan waktu tunggu ini jangan terlalu singkat karena menunggu tekanan antara sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah menjadi seimbang. Jika tekanan belum seimbang dan kompresor sudah bekerja kembali dapat menyebabkan kompresor tidak bisa start (berputar).

Sekian artikel tentang cara setting thermostat. Untuk mengetahui cara kerja thermostat kulkas dan cara menghitung cut in dan cut out bisa baca PENGATUR SUHU (THERMOSTAT). Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel