-->

PENGGOLONGAN SISTEM PENYEGARAN UDARA SENTRAL



Jenis yang paling dasar dari penggolongan sistem penyegaran udara adalah sistem penyegaran udara sentral. Untuk menjamin pengaturan penyegaran udara ruangan yang teliti, maka sesui dengan kemajuan teknik penyegaran udara yang telah dicapai sampai saat ini, dapat dikembangkan beberapa sistem. Pengembangan yang dilakukan terutama pada elemen pendinginnya untuk mendapat efisiensi yang lebih baik.


Sistem penyegaran udara dapat dibagi menjadi empat golongan
1. Sistem udara penuh
Penyegaran udara dengan sistem udara penuh dilakukan dengan menyalurkan udara terkondisi ke seluruh ruangan melalui saluran udara. Penyegaran udara dengan sistem udara penuh ini dibagi menjadi dua macam berdasarkan sistem salurannya.
Sistem Saluran Tunggal
Sistem saluran udara tunggal banyak digunakan pada sistem penyegaran udara. Sistem ini menyalurkan udara terkondisi baik udara hangat dan udara dingin melalui satu saluran. Pengontrolan suhu udara hanya dilakukan secara terpusat sehingga terdapat kesulitan pengaturan suhu ruangan dengan kondisi yang berbeda.


Sistem Saluran Ganda
Sistem saluran udara ganda melakukan penyaluran udara dengan dua saluran utama yaitu saluran udara hangat dan saluran udara dingin. Kedua saluran tersebut kemudian akan dikontrol pencampurannya pada setiap ruang. Hal ini memudahkan dalam pengaturan suhu ruang yang berbeda sesuai dengan kondisi ruang tersebut.



2. Sistem campuran udara dan air
Penyegaran udara dengan sistem udara campuran udara dan air dilakukan melalui unit coil kipas udara. Air yang sudah dikondisikan (dipanaskan atau didinginkan) disalurkan ke unit koil atau unit induksi tersebut kemudian dari unit koil digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan udara yang disalurkan ke setiap ruangan.
Dilihat dari pipa saluran air, sistem campuran udara dan air terdapat tiga jenis yaitu:
Jenis Saluran Dua Pipa; Jenis ini paling populer dalam aplikasi pengkondisian udara yaitu dengan menggunkan pipa masuk dan pipa balik untuk mengalirkan air dingin (untuk proses pendinginan) dan air panas (untuk proses pemanasan). Jenis saluran ini sangat sederhana tetapi kesulitan dalam pengkondisian pada ruang dengan beban yang berbeda. Pengkondisian ruangan hanya dapat dilakukan proses pendinginan atau pemanasan saja.


Jenis Saluran Tiga Pipa; Jenis ini memiliki dua saluran pipa masuk dan satu saluran balik. Dua buah saluran masuk terdiri dari saluran pipa dengan air dingin dan saluran pipa dengan air panas, sedangkan satu saluran lagi yaitu saluran balik yang merupakan campuran dari air panas dan air dingin. Kelebihan dari jenis ini adalah dapat mengkondisikan udara ruang untuk pemanasan atau pendinginan pada ruang yang berbeda dan dalam waktu yang sama. Kekurangannya yaitu banyaknya kerugian energi karena pada saluran balik terjadi pencampuran antara air panas dan air dingin.


Jenis Saluran Empat Pipa; Jenis saluran empat pipa terdiri dari dua saluran masuk dan dua saluran balik. Dua saluran masuk terdiri dari saluran pipa air dingin dan saluran pipa air panas, sedangkan dua saluran balik terdiri dari saluran balik pipa air dingin dan saluran balik pipa air panas. Dengan menggunakan empat saluran maka efisiensi sistem lebih baik. Saluran balik untuk air panas dan air dingin dialirkan pada pipa yang berbeda sehingga air tetap pada kondisi panas atau dingin hingga ke elemen pendingin dan pemanas.

3. Sistem air penuh
Pada penyegar udara sistem air penuh, air terkondisi dialirkan melalui saluran pipa ke unit koil-kipas udara yang difungsikan sebagai penyegaran udara ruangan. Karena sistem ini menggunakan unit koil yang digunakan untuk mengkondisikan suhu ruangan secara langsung maka sebagai akibatnya terdapat kesulitan dalam mengontrol kelembaban dan pencampuran udara segar. Kelembaban dalam ruangan dapat terlalu lembab ataupun terlampau kering. Konstruksi unit koil-kipas udara harus diperhatikan agar kelembaban lebih terkendali dan terdapat saluran udara segar dari luar ruangan.

4. Sistem penyegar udara tunggal
Sistem penyegar udara tunggal ini terdiri dari kipas udara, koil udara pendingin dan mesin refrigerasi yang terdapat dalam satu kesatuan (paket) dengan terminal daya listrik dan terminal pipa air pendingin pada bagian luarnya. Penyegar udara sistem ini terdapat beberapa kelompok dilihat dari tempat pemasangannya yaitu jenis paket, jenis jendela, jenis atap, dan jenis lantai. Penyegar udara tunggal pada umumnya dibuat secara massal oleh pabrik sehingga bentuk, ukuran, dan kapasitasnya sudah ditentukan. Kapasitas penggunaan penyegar udara sistem paket yang akan dipergunakan harus lebih tinggi dari kebutuhan (rancangan), jika kapasitas yang digunakan lebih rendah dari kebutuhan maka pengkondisi udara akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai suhu yang diharapkan. Bahkan pada saat terjadi beban maksimum, pengkondisi udara tidak akan mampu mencapai suhu yang diharapkan.

Sistem penyegar udara tunggal banyak digunakan pada rumah ataupun gedung yang tidak memerlukan pengaturan kelembaban dan suhu ruang dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Penyegar udara tunggal banyak juga digunakan sebagai pembantu untuk mengatasi keadaan darurat yaitu pada saat penyegar udara mati atau terdapat masalah (kerusakan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel