-->

AVANZA OLI MEREMBES BLOK MESIN DAN RUMAH BUSI


Saya  ingin membagi pengalaman memiliki mobil avanza yang bermasalah dengan oli. Kalau parkir di parkir setelah perjalanan, oli meneter dari bagian bak oli (carter), sebagian dari bagian penutup head selinder, dan juga terdapat oli pada lubang busi. Dari keadaan tersebut kemudian saya pergi ke bengkel.

Setelah sampai di bengkel kemudian saya ceritakan masalah pada mobil avanza saya. Setelah semua permasalahan saya ceritakan kepada pemilik bengkel kemudian saya tinggal mobilnya. Di hari berikutnya saya kembali ke bengkel untuk mengetahui kondisinya. Sesampainya di bengkel, mobil sudah dibongkar dan beberapa komponen sudah dilepas untuk diganti antara lain seal crankshaft, seal pompa oli, seal, dan gasket head cover selinder.


Rembesan oli yang paling parah yaitu dari seal crankshaft. Dilihat dari posisinya memang seal crankshaft berada paling bawah yaitu dekat dengan bak oli. Dari sinilah oli merembes dan menetes.


Kemudian penggantian pada seal pompa oli. Walaupun oli yang merembes dari pompa oli ini tidak terlalu banyak, tetapi setelah pompa oli di buka ternyata sealnya sudah pecah/sobek.


Rembesan oli berikutnya ada pada bagian cover head selinder. Setelah cover head selinder dibongkar, ternyata gasketnya sudah keras/membatu. Permasalahan inilah yang menyebabkan adanya rembesan oli pada mesin bagian atas.


Genangan oli pada rumah busi diakibatkan oleh seal busi sudah keras dan patah. Hal ini yang menyebabkan oli yang melumasi mesin bagian atas akan merembes dan tertampung di rumah busi.


Pada saat pulley crankshaft dibongkar ternyata karet pada pulley sudah keras dan mudah patah. Dari pada nanti timbul masalah lain pada mobil, pulley juga masuk dalam daftar penggantian komponen.

Setelah ngobrol sebentar dengan pemilik bengkel, kemudian saya titip uang satu juga rupiah untuk pembelian komponen. Selain itu, saya juga berpesan kepada pemilik bengel supaya kaki-kaki mobil dicek ada bagian yang rusak.

Pada hari berikutnya, saya kembali ke bengkel untuk melihat kondisi mobil avanza saya. Saya lihat mobil sudah berada di luar benkel. “Mobil saya sudah jadi”. Itu kata yang ada di hati saya. Setelah ngobrol dengan pemilik bengkel kemudian mobil saya coba. Kaki-kaki mobil yang sebelumnya berbunyi gluduk-gluduk sudah hilang. Setir yang bunyi klek-klek pada saat melewati jalan rusak juga sudah hilang.

Kemudian saya kembali ke pemilik bengkel dan menanyakan bianyanya.” Tambah uang jasa aja pak. 250 ribu aja”. Mobil saya bawa pulang dan sudah berminggu-minggu digunakan ternyata masalah oli merembes sudah teratasi.

Itulah pengalaman saya servis mobil avanza di bengkel belakang SMP Ahmad Dahlan, Metro, Lampung. Semoga cerita ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel