-->

KUNCI INGGRIS; SEJARAH, FUNGSI, GUNA, PAKAI, RAWAT


Kunci Inggris atau adjustable spanner atau adjustable wrench adalah sebuah peralatan tangan yang digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan mur atau baut dan ukurannya dapat disetel/disesuaikan dengan ukuran mur atau baut.

Apakah kita pernah bertanya dalam hati mengapa kunci yang satu ini disebut dengan kunci inggris. Sedangkan peralatan yang digunakan di Indonesia sebagain besar tidak berasal dari negara Inggris.



Sejarah Kunci Inggris

Kunci inggris pertama ditemukan pada tahun 1842 oleh seorang insinyur yang berasal dari negara Inggris yang bernama Richard Clyburn, dan nama Kunci Inggris (English Key) banyak digunakan di negara-negara Eropa.

Nama English Key kemudian masuk ke Indonesia pada saat zaman penjajahan Belanda, yang kemudian oleh orang Indonesia diterjemahkan Kunci Inggris.

Nama lain dari Kunci Inggris adalah Kunci Swedia (Swedish Key). Hal ini dikarenakan Kunci Inggris yang ditemukan oleh Richard Clyburn kemudian disempurnakan oleh Johan Petter Johansson yang berasal dari Swedia. Nama Swedish Key digunakan di negara Denmark, Polandia, dan Israel.

Ukuran Kunci Inggris

Kunci Inggris dibuat dengan beberapa ukuran. Di bawah diperlihatkan ukuran panjang dan bukaan rahang Kunci Inggris.



Bagian-Bagian Kunci Inggris


Bagian-bagian Kunci Inggris antara lain:

1.  Rahang diam; bagian ini menyatu dengan lengan kunci dan merupakan bagian yang diam/tidak bergerak pada saat kunci disetel.
2.  Rahang geser; bagian ini terpisah dengan rahang diam dan disatukan dengan rel.
3.  Ulir penyetel; bagian ini berfungsi untuk untuk menggeser rahang geser agar sesuai dengan mur atau baut. Jika ulir ini diputar, rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar.
4.  Lengan; bagian ini berfungsi untuk pegangan pada saat memutar kunci.


Cara Menggunakan Kunci Inggris

Penggunaan Kunci Inggris harus lebih berhati-hati dibandingkan dengan kunci pas atau kunci ring. Kehati-hatian ini bertujuan untuk agar kunci lebih awet/tahan lama dan juga mur atau baut yang diputar tidak menjadi bulat.

1.  Buka rahang Kunci Inggris dengan cara memutar ulir penyetel.


2.  Tempatkan mur atau baut di dalam rahang Kunci Inggris, kemudian putar kembali ulir penyetel agar rahang Kunci Inggris menekan kuat mur atau baut.

3.  Posisi mur atau baut pada rahang Kunci Inggris harus berada pada posisi yang benar yaitu pada bagian pangkal rahang.


4.  Putar lengan Kunci Inggris dengan arah putaran yang benar dengan posisi rahang kunci seperti pada gambar.


Perawatan Kunci Inggris

Untuk merawat Kunci Inggris tidaklah sulit. Tetapi dengan perawatan yang tepat dapat membuat Kunci Inggris dapat lebih awet dan juga mudah dalam penggunaannya.

1.  Bersihkan Kunci Inggris dari kotoran ataupun debu yang menempel.
2.  Beri sedikit pelumas pada bagian yang bergerak/bergesekan, yaitu pada ulir penyetel dan juga antara rahang tetap dan rahang bergerak.
3.  Tempatkan Kunci Inggris pada tempat kering dan aman.

Kunci Inggris dapat digunakan dengan aman dan lebih awet jika cara menggunakannya dengan cara yang benar dan dirawat dengan baik.

Demikian artikel tentang Kunci Inggris, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel