-->

TANG; JENIS, BENTUK, FUNGSI, KEGUNAAN


Tang merupakan salah satu alat perkakas tangan yang sangat sering digunakan dalam kegiatan perbengkelan, pertukangan, dan kegiatan dalam dunia teknik lainnya. Tang mempunyai bermacam-macam bentuk dan ukuran. Tang dengan bentuk yang berbeda juga mempunyai fungsi yang berbeda. Ukuran tang juga berbeda-beda tergantung ukuran bendanya. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang beberapa macam jenis tang dan juga fungsinya.

1. Tang Kombinasi (Linesman Plier)
  


Tang kombinasi merupakan jenis tang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Disebut dengan tang kombinasi karena tang ini multi fungsi, mulai dari penjepit, pemotong, pengupas kabel, dan juga dapat digunakan untuk melilit kabel

 2. Tang Cucut (Long Nose Plier)
  


Tang cucut mempunyai nama lain yaitu  tang lancip. Sebutan tersebut karena bentuk mulut tang seperti cucut/lancip. Tang jenis ini berfungsi sebagai penjepit dan juga pemotong. Kelebihan tang cucut yaitu dapat menjepit benda yang kecil dan pada tempat yang sempit. Ini dikarenakan mulut tang yang yang kecil pada bagian ujungnya.
  
3. Tang Potong (Diagonal Plier)
  

Tang potong merupakan tang yang mempunyai fungsi khusus yaitu sebagai pemotong. Media yang dapat dipotong oleh tang ini antara lain kaki komponen elektronik, plastik, dan juga besi lunak dan tipis.

 4. Tang Spi (Snap Ring Plier)
  


Tang jenis ini mempunyai fungsi khusus yaitu untuk membuka dan memasang ring (pengunci). Menurut bentuknya, tang ini ada dua jenis yaitu dengan ujung lurus dan ujung melengkung (bengkok). Menurut kerjanya juga terdapat dua jenis yaitu jika gagang tang ditekan maka mulut tang akan terbuka, dan juga jenis lain yaitu jika gagang tang ditekan maka mulut tang akan tertutup. Hal ini karena terdapat dua jenis ring pengunci yaitu ring penunci dari bagian dalam dan ring pengunci dari bagian luar.
  
5. Tang Crimping
  
  
Tang crimping merupakan jenis tang yang digunakan untuk menangani kabel LAN dan kabel telepon. Tang crimping digunakan untuk menyambung kabel dengan konektor untuk keperluan LAN dan telepon. Tang crimping juga dapat digunakan untuk mengupas dan memotong kabel.

6. Tang Skun


Tang skun banyak digunakan pada perakitan panel kontrol listrik. Tang ini berfungsi untuk menyambung kabel dengan skun. Kabel yang akan disambung, dimasukkan ke dalam skun kemudian skun ditekan menggunakan tang skun hingga kabel dan skun tersambung kuat.
  
7. Tang Pembuntu Pipa (Vise Grip)
  


Tang pembuntu pipa ini digunakan untuk membuntu pipa dengan bahan lunak. Tang pembuntu pipa sering digunakan oleh teknisi refrigerasi. Tang ini digunakan pada saat pengisian refrigeran pada kulkas sudah selesai dan akan dibuntu salurannya. Besar kecilnya mulut tang pembuntu pipa dapat disesuaikan dengan memutar baut yang berada pada bagian belakang tangkai.
  
8. Tang Buaya (Locking Grip Plier)
  


Bentuk mulut tang ini seperti mulut buaya, oleh karena itu dinamakan dengan tang buaya. Tang buaya berfungsi sebagai penjepit suatu benda kerja. Baik juga digunakan untuk menjepit benda yang berbentuk bulat antara lain kepala baut ataupun mur. Besar kecilnya mulut tang dapat disesuaikan dengan cara memutar setelah yang ada pada bagian belakang tangkai tang.
  
9. Tang Slip Join
  


Tang slip join memiliki bentuk yang mirip dengan tang kombinasi. Bedanya yaitu tang slip join tidak terdapat bagian untuk memotong. Tang slip join berfungsi untuk memegang atau menjepit benda kerja. Mulut tang slip join dapat dilebarkan dan disempitkan dengan memindah lobang as.

10. Tang Rivet
  


Tang rivet banyak digunakan dalam pembuatan lemari, rak, mebeler, dan pengerjaan plat yang terbuat dari seng, stainless, ataupun alumunium. Dalam penggunaannya, tang rivet harus menggunakan bahan paku rivet.

11. Tang Kakatua (Tower Pincer)

 

Tang ini disebut dengan tang kakatua memiliki bentuk mulut seperti paruh burung kakatua. Tang kakatua berfungsi untuk memotong kawat dan juga dapat digunakan untuk mencabut paku.

     Tang kakatua ini memiliki bentuk seperti paruh burung kakatua maka dari itu tang ini dinamakan tang kakatua. Fungsi dari tang ini adalah untuk memotong kawat karena mulutnya yang tajam. Kegunaan lain dari tang kakatua yaitu dapat digunakan untuk  mencabut paku.

Demikian beberapa jenis tang dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel