-->

SUARA SEMBURAN GEMERICIK AIR KULKAS


Kulkas merupakan peralatan listrik yang sudah umum di masyarakat. Penggunaan lemari pendingin ini bukan lagi merupakan kebutuhan tersier, tetapi sudah merupakan kebutuhan sekunder bagi rumah tangga. Pada saat kulkas dihidupkan terkadang terdengar suara semburan air atau suara gemericik air dari dalam kulkas. Mengapa di dalam lemari pendingin ini terjadi suara seperti itu?




Timbulnya suara semburan air atau gemericik air bagi sebagian masyarakat menganggap bahwa kulkas tersebut bermasalah. Padahal hal tersebut merupakan suara yang umum pada kulkas dan memang seperti itu. Suara itu akan terdengar jelas pada kulkas satu pintu, sedangkan pada kulkas dua pintu suara tidak terdengar jelas karena suaranya kalah keras dengan suara kipas evaporator. Tetapi mengapa ada yang bersuara seperti semburan air dan ada juga yang seperti gemericik air?

Suara semburan air atau suara gas yang bocor terjadi karena gas refrigerant (freon) dengan tekanan tinggi disemburkan dari pipa kapiler ke dalam evaporator. Jika beban kulkas atau kondisi ruang kulkas belum dingin, refrigerant yang disemburkan oleh pipa kapiler akan langsung menguap. Oleh karena itu, suara yang timbul seperti suara semburan air atau ada gas yang bocor.


Sedangkan suara gemericik air atau adanya aliran air air di dalam kulkas ini dikarenakan beban kulkas atau kondisi kulkas sudah cukup dingin. Refrigerant yang disemburkan oleh pipa kapiler tidak langsung menguap sehingga yang terjadi adalah aliran refrigerant. Aliran refrigerant cair inilah yang menyebabkan bunyi gemericik.

Bunyi yang semburan atau gemericik air di dalam kulkas adalah hal yang normal dan mengindikasikan bahwa kulkas tersebut bekerja dengan baik karena refrigerant dapat mengalir di dalam sistem refrigerasi. Oleh karena itu mulai sekarang jangan takut lagi kalau terdapat suara semburan air atau gemericik air dari dalam kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel