-->

SUARA SEMBURAN GEMERICIK AIR KULKAS


Kulkas merupakan peralatan listrik yang sudah umum di masyarakat. Penggunaan lemari pendingin ini bukan lagi merupakan kebutuhan tersier, tetapi sudah merupakan kebutuhan sekunder bagi rumah tangga. Pada saat kulkas dihidupkan terkadang terdengar suara semburan air atau suara gemericik air dari dalam kulkas. Mengapa di dalam lemari pendingin ini terjadi suara seperti itu?




Timbulnya suara semburan air atau gemericik air bagi sebagian masyarakat menganggap bahwa kulkas tersebut bermasalah. Padahal hal tersebut merupakan suara yang umum pada kulkas dan memang seperti itu. Suara itu akan terdengar jelas pada kulkas satu pintu, sedangkan pada kulkas dua pintu suara tidak terdengar jelas karena suaranya kalah keras dengan suara kipas evaporator. Tetapi mengapa ada yang bersuara seperti semburan air dan ada juga yang seperti gemericik air?

Suara semburan air atau suara gas yang bocor terjadi karena gas refrigerant (freon) dengan tekanan tinggi disemburkan dari pipa kapiler ke dalam evaporator. Jika beban kulkas atau kondisi ruang kulkas belum dingin, refrigerant yang disemburkan oleh pipa kapiler akan langsung menguap. Oleh karena itu, suara yang timbul seperti suara semburan air atau ada gas yang bocor.


Sedangkan suara gemericik air atau adanya aliran air air di dalam kulkas ini dikarenakan beban kulkas atau kondisi kulkas sudah cukup dingin. Refrigerant yang disemburkan oleh pipa kapiler tidak langsung menguap sehingga yang terjadi adalah aliran refrigerant. Aliran refrigerant cair inilah yang menyebabkan bunyi gemericik.

Bunyi yang semburan atau gemericik air di dalam kulkas adalah hal yang normal dan mengindikasikan bahwa kulkas tersebut bekerja dengan baik karena refrigerant dapat mengalir di dalam sistem refrigerasi. Oleh karena itu mulai sekarang jangan takut lagi kalau terdapat suara semburan air atau gemericik air dari dalam kulkas.

16 Responses to "SUARA SEMBURAN GEMERICIK AIR KULKAS"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Kulkas saya dua pintu kemarin tidak dingin,terus udah isi ulang freonnya oleh tukang servis stelah itu sempat dingin lagi tapi baru seminggu pakai tidak dingin lagi,kompresor hidup dan panas juga,minta solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan lagi ke tukang servisnya siapa tahu ada garansi. Kemungkinan mengisi freonnya terlalu banyak

      Hapus
    2. Kemungkinan ada bocor halus, kl gak bocor freon gak akan habis

      Hapus
  2. Hai ka mau tanya nih kulkas ku tidak dingin dan ada suara seperrti geemercik air itu knpa ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada suara gemericik tapi tidak dingin sama sekali mungkin aja evaporator bocor dan ada air yang masuk

      Hapus
    2. persis kya punya sya. klo servis habis brp ya kira kira?

      Hapus
  3. kulkas saya ada suara nya air mengalir tp tetap dingin itu normal gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa disuhu 1 suka ada salju es dan cepat beku

      Hapus
    2. Kak kulkas saya baru beli sebulan tapi sangat beda dengan kulkas teman saya yg sudah pakai 2 tahun. Kulkas saya dingin tapi kurang , sedangkan teman saya gitu buka kukkas terasa sejuk nya tapi kulkas saya tidak . Itu knapa ya

      Hapus
  4. Kalau kulkas saya habis d servis. Tp setelah d servis kulkas malah g bisa membeku. Dan sering keluar bunyi gas bocor. Disertai bunyi air ketika kita ngambil air d galon. Kira kira kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ada suara mendesis atau gemercik air itu masih normal. Kulkas tidak dingin kemungkinan karena terjadi Ice Blok pada evaporatornya

      Hapus
  5. Ada gemercik air dan suara semburan di kulkas sharp saya tapi kulkasnya beku kok....apa kah normal bg?

    BalasHapus
  6. Kenapa ya di dlm freezer kulkas ada bunyi kyk air mengalir, tapi ttp beku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu suara karena adanya aliran refrigerant (froen) yang berbentuk cair di dalam evaporator. Itu masih normal

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel