-->

BUNGA ES DIBERSIHKAN KULKAS TIDAK DINGIN


Setelah membersihkan bunga es pada kulkas, bukannya kerja kulkas menjadi lebih bagus tetapi malah sebaliknya kulkas tidak dapat mendinginkan. Mengapa demikian? Mari kita bahas permasalahan ini.


Kesalahan dalam membersihkan bunga es kulkas


Kalau yang kita lihat bunga mawar atau bunga desa mungkin enak ngelihatnya. Tetapi jika tumpukan bunga es yang dilihat pemandangannya pasti tidak nyaman, bahan yang didinginkan di freezer juga akan susah diambil karena tertutupi bunga es yang keras.

Selain itu efek pendinginan kulkas akan berkurang. Tumpukan bunga es akan menghalangi terjadinya perpindahan panas antara evaporator dengan udara di sekitarnya. Ini akan menyebabkan proses pendinginan semakin lama.

Bunga es ini secara periodik harus kita bersihkan agar efek pendinginan tetap baik. Tetapi pada beberapa kasus, pembersihan bunga es malah membuat kulkas tidak dapat mendinginkan lagi. Dimanakah kesalahannya dan apa yang terjadi?

Kesalahan dalam membersihkan bunga es kulkas

Kesalahan yang paling umum dilakukan pada saat pembersihan bunga es adalah cara melakukan pembersihan tersebut. Pembersihan bunga es dengan mencongkelnya adalah cara yang salah. Apalagi alat yang digunakan untuk mencongkel adalah benda yang tajam. Benda yang tajam seperti pisau ini memang mudah masuk ke sela-sela bunga es, tetapi akibatnya dapat membuat saluran evaporator tergores dan bocor.

Biasanya pada saat mencongkel bunga es dan terdengar suara semburan angin itu merupakan tanda saluran evaporator sudah bocor. Suara semburan angin tersebut merupakan refrigerant (freon) keluar dari sistem. Kebocoran pada evaporator inilah yang membuat kulkas tidak dapat mendinginkan makanan dan minuman lagi karena bahan pendingin sudah tidak ada lagi dalam sistem.

Kesalahan dalam membersihkan bunga es kulkas

Untuk mengatasi masalah ini harus dilakukan oleh teknisi yang handal. Untuk kebocoran yang kecil masih bisa dilakukan penambalan, tetapi jika bagian yang bocor cukup lebar kemungkinan harus mengganti evaporator dengan yang baru. Penambalan dengan las alumunium merupakan cara menambal yang paling bagus dan hasil yang paling memuaskan.

Setelah proses penambalan selesai kemudian sistem dibersihkan dari udara dengan menggunakan pompa vakum. Setelah itu baru pengisian ulang refrigerant dilakukan. Kegiatan ini memang harus dilakukan oleh teknisi yang terampil dan juga membutuhkan peralatan khusus.

Penyebab Bunga Es di Kulkas dapat terjadi pada beberapa keadaan, cara penyimpanan, dan perlakuan terhadap kulkas itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel