-->

JENIS DAN FUNGSI OBENG


Obeng merupakan salah satu peralatan yang paling umum digunakan di masyarakat. Obeng sendiri berfungsi sebagai alat bantu membuka dan mengencangkan skrup atau baut. Obeng mempunyai jenis yang beragam, mulai dari bentuk dan ukurannya. Berikut beberapa jenis obeng yang paling umum digunakan di masyarakat.


Obeng Min (Slotted)

obeng min strip slotted


Obeng min ini dikenal juga dengan nama obeng bilah datar, obeng kepala rata, atau obeng kepala lurus. Obeng min atau obeng strip merupakan salah satu obeng yang paling terkenal dari semua jenis obeng. Obeng ini memiliki ujung yang berbentu min/strip ( - ) atau berbentuk seperti mata pahat. Dalam keadaan darurat, obeng min ini dapat difungsikan juga sebagai pahat dan juga dapat digunakan pada kepala skrup + atau jenis phillips.

Obeng jenis min/strip ini mempunyai kemungkinan yang lebih kecil dalam membulatkan slot kepala skrup daripada obeng jenis phillips. Jika digunakan pada tekanan yang besar atau berat untuk membuka skrup, obeng jenis min/strip ini cenderung akan tergelincir keluar. Dengan alasan tersebut, banyak teknisi jarang menggunakan obeng jenis ini. Tetapi obeng jenis min/strip ini merupakan peralatan pokok dari banyak bidang pekerjaan.

Obeng Plus (Phillips)

obeng plus kembang cengkeh phillips


Obeng plus dikenal juga denga nama obeng kembang, obeng kepala silang, dan ada pula yang menyebutnya obeng cengkeh karena bentuk ujungnya mirip buah cengkeh. Pada saat ini, hampir semua skrup memiliki kepala Phillips karena bentuk ini mempunyai kemungkinan untuk  menjadi bulat sangatlah kecil. Ujung obeng dibuat miring sehingga kepala obeng bisa masuk ke lubang skrup lebih dalam sehingga daya cengkeramnya akan lebih baik. Obeng plus (Phillips) digunakan hampir di semua bidang pekerjaan.

Obeng Bintang (Torx)

obeng bintang torx


Obeng bintang pada awalnya digunakan dengan alasan faktor keamanan. Karena bentuknya yang tidak lazim digunakan di masyarakat, sehingga akan menjadi kesulitan tersendiri dalam membuka skrup dengan kepala berbentuk bintang/torx. Skrup dengan kepala bintang ini banyak digunakan oleh perusahaan bidang manufaktur yang membutuhkan tingkat keamanan yang lebih dalam melindungi produknya. Obeng bintang memiliki tingkat torsi yang sangat tinggi.

Obeng Segi Enam (Hexagonal)

obeng segi enam hexagonal


Obeng segi enam juga merupakan salah satu jenis obeng yang tidak biasa digunakan di masyarakat. Obeng segi enam ada juga yang berbentuk kunci karena tanpa ada pegangan dan dikenal dengan nama kunci L karena bentuknya seperti huruf L. Obeng segi enam banyak digunakan dalam perawatan sepeda, motor, mobil, dan juga digunakan pada perusahaan furnitur seperti IKEA.

Obeng Kotak (Robertson)

obeng kotak persegi roberrtson


Obeng kotak sangat terkenal di negara asalnya yaitu Kanada. Obeng kotak memiliki tingkat toleransi torsi yang paling tinggi diantara semua jenis obeng yang ada. Karena hal tersebut, skrup kepala kotak biasanya ditemukan pada industri otomotif dan furnitur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel