-->

KARTU PINTAR MAGNETIC STRIPE CARD SMART

Magnetic Stripe Card atau juga dikenal dengan Mag Stripe adalah salah satu jenis kartu pintar yang dapat menyimpan data/informasi pada pita hitam yang terletak pada bagian belakang kartu. Kapasitas memori yang dimiliki Magnetic Stripe Card hanyalah 300 byte. Magnetic Stripe Card banyak digunakan sebagai kartu ATM (Debit Card), dan Credit Card.


kartu pintar, smart card, kartu atm, kredit, debit

Magnetic Stripe Card adalah salah satu kartu identitas yang dapat menyimpan data/informasi dengan memodifikasi daya magnet dari partikel-partikel magnetik yang terdapat pada pita hitam. Data dimasukkan ke dalam deretan partikel magnet dengan cara mengatur polaritas magnet tersebut. Data pada Magnetic Stripe Card dapat dibaca dengan menggunakan alat pembaca kartu (Swipe Reader). Alat tersebut memiliki slot yang digunakan untuk menggesekkan/melewatkan Magnetic Stripe Card. Swipe Reader ini tidak dapat bekerja dengan normal jika kecepatan gesek kartu terlalu cepat atau terlalu lambat. Swipe Reader jenis ini banyak digunakan pada jenis kartu kredit.

kartu kredit gesek, kartu atm telan


Selain Swipe Reader yang menggesekkan sebagian kartu, ada juga Reader yang membaca datanya dengan cara memasukkan keseluruhan kartu sehingga kartu seperti ditelan oleh Reader. Reader Magnetic Stripe Card dengan cara yang ditelan ini banyak digunakan pada mesin ATM.

kartu kredit gesek, kartu atm telan

Magnetic Stripe Card mempunyai tingkat keamanan yang relatif tinggi karena pembacaan data harus menggunakan peralatan khusus. Kartu harus benar-benar menempel pada reader agar data dapat dibaca. Pembuatan Magnetic Stripe Card distandarkan secara internasional sehingga kartu dapat digunakan dinegara manapun. Ketahanan Magnetic Stripe Card cukup baik karena mempunyai konstruksi fisik yang kuat dan tahan terhadap kontaminasi kotoran, minyak, air, ataupun kelembaban. Kelemahan dari Magnetic Stripe Card adalah data atau informasi yang terdapat dalam pita hitam dapat rusak oleh induksi magnet liar yang kuat.

mesin atm lama dulu dan baru sekarang

Beberapa tahun yang lalu ramai terjadi pembobolan kartu debit (ATM) dengan cara skimming. Skimming adalah proses pencurian data dengan cara menempatkan Reader pada mulut masukknya kartu. Oleh karena itu, sekarang mesin ATM sudah dimodifikasi dengan menambahkan bagian pada mulut Reader. Dengan adanya tambahan tersebut, jika terdapat alat skimming pada mulut Reader dapat terdeteksi dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel