-->

CARA MENGATUR SUHU KULKAS DUA PINTU


Tombol pengaturan suhu pada kulkas satu pintu terdapat satu buah saja, tetapi pada kulkas dua pintu terdapat dua tombol untuk pengaturan suhu. Perbedaan tersebut dapat membingungkan bagi orang awam. Mari kita bahas bagaimana cara mengatur suhu pada kulkas satu pintu dan kulkas dua pintu.


Cara Mengatur Suhu Kulkas Dua Pintu

Pengatur Suhu Kulkas Satu Pintu
Pada kulkas dua pintu hanya memiliki satu buah tombol pengatur suhu. Tombol ini umumnya terdapat pada bagian pembeku yaitu bagian yang digunakan untuk membuat es. Tombol ini terhubung langsung dengan thermostat, yaitu alat yang digunakan sebagai sensor suhu sekaligus saklar untuk menghidupkan dan mematikan kompresor. Untuk cara mengatur tombol ini bisa dibaca lebih lanjut pada artikel Cara Mengatur Thermostat Refrigerator.

Thermostat pada kulkas satu pintu ini akan medeteksi suhu pada evaporator, yaitu pada tempat yang digunakan untuk membuat es. Bagian ujung pipa kapiler (pipa dengan diameter yang kecil) ditempelkan pada bagian evaporator. Oleh karena itu, tombol pengatur suhu pada kulkas satu pintu akan mengatur suhu evaporator.

Pengatur Suhu Kulkas Dua Pintu
Pada kulkas dua pintu terdapat dua tombol pengatur suhu, satu tombol pada ruang bagian atas dan satu tombol lagi pada ruang bagian bawah. Kemudian bagaimana kita mengaturnya? Mari kita bahas.

Tombol Pengatur Suhu Bagian Atas Kulkas Dua Pintu
Pada kulkas dua pintu, tombol bagian atas jika diputar tidak akan terasa berat (sangat ringan). Tombol ini hanya terhubung dengan sebuah damper. Damper ini berfungsi sebagai pembuka dan penutup saluran udara. Udara apa, mengapa ada salurannya, dan kemana tujuannya? Mungkin ini pertanyaan yang bagus.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Dua Pintu

Pada kulkas dua pintu, pendinginan yang terjadi adalah pendinginan secara tidak langsung (Indirect Cooling). Pendinginan ini terjadi karena evaporator (bagian yang dingin) tidak langsung mendinginkan media (makanan atau minuman). Tetapi evaportor ini akan mendinginkan udara yang melewatinya. Udara ini akan dihembuskan melewati evaporator oleh sebuah kipas udara yang menyebabkan udara menjadi dingin. Udara dingin inilah yang dihembuskan ke ruang pendinginan bagian atas (freezer) dan digunakan untuk membuat es atau untuk membekukan daging.

Udara dari ruang pendinginan ini akan dihisap dan dilewatkan pada evaporator lagi sehingga udara akan selalu dingin. Sirkulasi udara ini akan terus berlangsung untuk mendinginkan makanan atau minuman di ruang pendinginan (freezer). Sirkulasi udara ini pada ruang pendinginan (ruang pintu atas) akan berhenti jika pintu suhu ruang pintu bawah sudah tercapai dan pada saat terjadi defrost (pencairan bunga es).

Selain disirkulasikan pada ruang freezer, udara dingin ini juga akan disalurkan ke ruangan bagian bawah yang digunakan untuk mendinginkan sayuran, makanan, atau minuman tetapi tidak sampai beku. Udara dingin yang disalurkan ke ruang bawah ini sangat sedikit sedangkan ruangannya lebih besar dari ruang bagian atas (freezer). Oleh karena itu, suhu udara di ruang bawah ini tidak terlalu dingin dan tidak dapat membekukan makanan atau minuman.

Tombol pengatur suhu bagian atas (freezer) itulah yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya udara yang akan disirkulasikan ke ruang bagian bawah. Yaitu dengan mengatur lebar sempitnya damper.

Tombol Pengatur Suhu Bagian Bawah Kulkas Dua Pintu
Tombol pengatur suhu yang terdapat pada rung bawah inilah yang terhubung dengan thermostat. Oleh karena itu, berhenti atau tidaknya proses pendinginan atau hidup matinya kompresor akan dipengaruhi oleh suhu pada ruang kulkas bagian bawah. Selama ruang bagian bawah setting suhu belum tercapai, maka kompresor akan terus hidup untuk melakukan proses pendinginan walaupun pada ruang atas (freezer) sudah membeku semua.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Dua Pintu

Mungkin dari penjelasan yang sangat singkat ini akan membantu untuk memahami mengapa pada kulkas dua pintu terdapat dua tombol pengatur suhu.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel