-->

CARA CEPAT MEMBUAT ES BEKU KULKAS DUA PINTU


Untuk mendinginkan bahan makanan atau membuat es pada freezer kulkas dua pintu dengan cepat maka harus diatur agar ruang pembeku (freezer) menjadi sangat dingin. Pada kulkas dua pintu, ada cara agar es yang dibuat pada freezer dapat beku lebih cepat. Bagaimana caranya? Berikut cara dan penjelasannya.


Cara Cepat Membekukan Es Krim Kulkas Dua Pintu

Pada kulkas dua pintu terdapat dua buah tombol yang digunakan untuk mengatur suhu di dalam kulkas. Satu tombol berada pada ruang pintu atas dan satu lagi berada pada ruang pintu bawah. Untuk membuat suhu udara pada ruang pembekuan (freezer) menjadi lebih dingin maka kita harus mengatur kedua tombol tersebut. Tombol sebelah atas harus diatur pada suhu dingin minimal (min/kecil) dan tombol sebelah bawah diatur pada suhu dingin maksimal (mak/besar). Mengapa harus diatur sedemikian rupa agar es pada ruang pembekuan lebih cepat dingin? Berikut penjelasannya.

Tombol Bawah
Tombol sebelah bawah adalah tombol thermostat, yaitu berfungsi tombol untuk mengatur hidup matinya kompresor  dalam melakukan proses pendinginan sesuai dengan suhu ruang bagian bawah. Pada beberapa merk kulkas, terdapat perbedaan dalam hal simbol atau keterangan dalam setting suhu. Ada kulkas yang menggunakan angka 1, 2, dan 3, ada yang menggunakan Min dan Mak, dan ada juga yang menggunakan Warm dan Cool.

Cara Cepat Membuat Es Beku Kulkas Dua Pintu

Itu semua tidak ada aturan resminya sehingga pihak pabrik pembuat juga menggunakan istilah sesuai dengan yang mereka kehendaki. Tetapi semua itu memiliki maksud yang sama yaitu suhu akan kurang dingin jika posisi tombol pada angka 1 atau tulisan Min atau Warm. Sedangkan jika posisi tombol pada angka 3 atau tulisan Mak atau tulisan Cool, maka setting suhu pada kondisi paling dingin.

Sehingga untuk membuat kondisi kulkas menjadi lebih dingin maka posisi tombol bagian bawah harus menunjuk pada angka 3 atau mak atau cool atau setting suhu paling dingin.

Tombol Atas
Tombol sebelah atas berfungsi untuk mengatur aliran udara dari ruang pembeku (freezer) ke ruang bawah. Biasanya terdapat tulisan min dan mak. Jika tombol pada posisi min, maka aliran udara yang disalurkan ke bagian bawah akan sedikit. Sedangkan jika tombol pada posisi mak, maka aliran udara yang disalurkan ke bagian bawah akan banyak. Untuk membuat suhu ruang pembekuan (freezer) menjadi sangat dingin maka tombol harus diposisikan pada Min.

Cara Cepat Membuat Es Beku Kulkas Dua Pintu

Jika tombol pada posisi Mak, maka udara yang disalurkan ke ruang bawah akan banyak. Hal ini akan menyebabkan setting suhu ruang bawah akan cepat tercapai. Pada saat setting suhu ruang bawah tercapai, kompresor akan berhenti melakukan proses pendinginan. Sedangkan suhu pada ruang pembekuan belum terlalu dingin.

Jika tombol pada posisi Min, maka udara yang disalurkan ke ruang bawah akan sedikit. Hal ini akan menyebabkan setting suhu ruang bawah lama tercapai. Pada saat setting suhu ruang bawah tercapai, kompresor akan berhenti melakukan proses pendinginan. Sedangkan suhu pada ruang pembekuan akan menjadi sangat dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel