-->

FUNGSI DAN CARA GANTI LAMPU KULKAS



Kulkas berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Biasanya berbagai makanan dan minuman akan kita simpan di dalam kulkas agar lebih segar dan lebih awet. Jika kita membuka pintu kulkas maka lampu di dalamnya akan menyala dan menerangi ruangan di dalam kulkas. Lampu tersebut memang difungsikan sebagai alat bantu penerangan agar kita dapat melihat isi kulkas dengan lebih mudah.


Fungsi dan cara ganti lampu kulkas

Lampu kulkas tidak hidup secara terus menerus, akan tetapi lampu tersebut hanya akan hidup jika pintu kulkas dibuka dan akan mati jika pintu kulkas ditutup. Bagaimana ini bisa terjadi? Lampu kulkas terhubung dengan sebuah saklar ON/OFF yaitu lampu akan hidup jika saklar tidak ditekan (dilepaskan) dan lampu akan mati jika saklar ditekan. Kita bisa cek saklar tersebut dengan cara menekannya dengan jari tangan.

Selain fungsinya sebagai alat penerangan di dalam kulkas, lampu juga sebagai indikator jika arus listrik masih terdapat di dalam instalasi kelistrikan kulkas. Jadi jika kita buka pintu kulkas dan lampunya menyala, bisa diasumsikan kulkas dapat mendinginkan makanan. Walaupun tidak selalu demikian.

Lampu kulkas biasanya jenis bola lampu dengan filamen. Lampu ini berdaya rendah karena hanya untuk menerangi ruang kulkas yang kecil. Selain itu juga, daya yang rendah bertujuan agar panas yang ditimbulkan oleh lampu tersebut tidak terlalu besar. Jika panas yang ditimbulkan oleh lampu semakin besar, maka beban pendinginan (beban kulkas) untuk mendinginkan makanan juga akan semakin besar. Hal tersebut akan mengakibatkan proses pendinginan makanan atau minuman di dalam kulkas akan semakin lama.
  
Fungsi dan cara ganti lampu kulkas


Lampu kulkas yang mati perlu dilakukan penggantian agar fungsinya dapat dirasakan. Jika kita ingin mengganti lampu kulkas yang mati, berikut langkah-langkahnya.
1.  Matikan dulu sumber listrik. Cabut steker (colokan) yang terhubung dengan sumber listrik PLN. Ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi sengatan listrik.

2.  Buka penutup lampu. Umumnya penutup lampu dilekatkan ke badan kulkas dengan skrup. Ada juga beberapa jenis kulkas dengan penutup lampu jenis kuncian dan ada juga yang kombinasi skrup dan kuncian.
3.  Lepaskan lampu. Setelah tutup lampu terlepas kemudian lepaskan lampu tersebut dengan cara memutarnya. Jangan memegang bola lampu terlalu keras karena bola lampu bisa pecah.
4.  Pasang lampu yang baru dan juga penutup lampu.


Fungsi dan cara ganti lampu kulkas

Dalam membeli lampu kulkas sebaiknya kita membawa lampu tersebut sebagai contoh. Hal ini karena lampu kulkas tidaklah sejenis. Dilihat dari ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil baik itu pada ulirnya ataupun ukuran bola lampunya. Bisa juga diganti menggunakan lampu jenis LED sehingga hasilnya lebih terang dengan panas yang dihasilkan lebih sedikit. Untuk lebih amannya, panggil teknisi yang berkompeten agar pekerjaan lebih rapi dan terjamin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel