-->

MOTOR SPLIT PHASE ( MOTOR FASE / FASA BELAH)


Motor Spit Phase (Motor Fase Belah) merupakan motor listrik yang mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang ditambah dengan saklar sentrifugal (Sentrifugal Switch). Kumparan motor menggunakan gulungan tipe kurungan (squirrel cage winding) yang terdiri dari gulungan kawat email yang ditempatkan pada alur rotor. Kemudian ujung dari masing-masing kawat email tersebut dihubungkan dengan komutator.




Bagian-bagian motor split phase (motor fasa belah)

1.  Rotor
Rotor merupakan bagian motor listrik yang berputar/bergerak. Bagian ini yang akan terhubung dengan penggerak bagian luar.

2.  Stator
Stator merupakan bagian motor listrik yang tidak berputar/tetap. Bagian ini menjadi satu bagian dengan body motorlistrik.

3.  Saklar sentrifugal
Saklar sentrifugal tersebut merupakan suatu sakalar yang terdiri dari dua bagian utama antara lain bagian tetap dan bagian bergerak.

Gulungan utama mempunyai nilai resistansi yang lebih kecil tetapi dengan reaktansi yang lebih besar. Kebalikannya, gulungan bantu mempunyai nilai resistansi yang lebih besar tetapi dengan reaktansi yang lebih kecil. Kedua gulungan dengan perbedaan karakteristik tersebut dijadikan satu sehingga terjadi pergeseran sudut fasa arus yang mengalir ke gulungan utama. Dengan adanya perbedaan fasa arus pada gulungan utama dan gulungan bantu maka akan terjadi medan magnet pada bagian stator. Medan magnet yang dihasilkan ini akan menginduksi bagian rotor dan menyebabkan rotor bergerak/berputar.


Agar mendapatkan hasil putaran yang maksimal, maka beda fasa antara gulungan utama dan gulungan bantu harus didesain dengan baik. Untuk motor listrik fasa belah dengan empat kutub, penempatan antara gulungan utama dengan gulungan bantu berbeda 90o dan untuk motor fasa belah dengan delapan kutub, penempatan antara gulungan utama dengan gulungan bantu berbeda 45o dan untuk motor fasa belah dengan duabelas kutub, penempatan antara gulungan utama dengan gulungan bantu berbeda 30o.

Pada saat motor dalam keadaan berhenti/diam, saklar sentrifugal dalam keadaan tertutup (NC : Normally Close). Saklar sentrifugal digunakan untuk memutus arus yang mengalir ke gulungan bantu dan akan terbuka pada saat motor sudah mencapai sekitar 75% dari kecepatan maksimal. Sehingga pada saat motor listrik fasa belah sudah mencapai kecepatan maksimal, maka yang bekerja hanya gulungan utama saja, sedangkan gulungan bantu tidak bekerja.

Motor listrik fasa belah biasanya digunakan untuk daya listrik yang kecil. Ciri motor listrik fasa belah yang paling utama yaitu tidak menggunakan kapasitor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel